Suzuki Swift Sport Hybrid 2020 Segera Rilis, Performa Tangguh Irit BBM

Suzuki Swift Sport Hybrid 2020
Suzuki Swift Sport Hybrid 2020. fFoto: Istimewa

Suzuki Swift Sport Hybrid 2020 tengah dipersiapkan untuk menggebrak pasar otomotif di tahun depan. Produsen asal Jepang ini menyematkan powertrain hybrid terbaru yang memiliki daya 48 volt.

Meski saat ini dunia otomotif tengah fokus pada mobil listrik, namun eksistensi mobil hybrid tetap ditingkatkan. Terlebih lagi, kini masih banyak ditemukan medan jalan yang belum siap untuk mobil listrik.

Suzuki pun menghadirkan Swift Hybrid untuk memenuhi kebutuhan berkendara yang aman dan nyaman tanpa perlu khawatir dengan kondisi medan jalannya.

Spesifikasi Suzuki Swift Sport Hybrid 2020

Dengan dukungan mesin hybrid, Suzuki Swift Sport terbaru tentunya membawa spesifikasi yang jauh lebih mumpuni daripada pendahulunya.

Mesinnya ini dihadirkan dengan daya 48 volt yang diklaim mampu menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah, bahkan sampai 20 persen.

Tak hanya itu, berkat mesin tersebut, Suzuki Swift Sport Hybrid 2020 juga mampu mengeluarkan tenaga dan torsi yang besar. Dengan demikian, performanya bisa diandalkan untuk menempuh perjalanan dengan jarak tempuh berapapun itu.

Untuk diketahui, penggunaan mesin hybrid ini juga berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakarnya. Dengan mengendarai Suzuki Swift Sport Hybrid, pengguna bisa hemat bahan bakar sampai 15 persen.

Pasalnya, mesin hybrid ini mengusung mode electric yang bisa dimanfaatkan ketika mobil melaju dengan kecepatan di bawah 16 km/jam.

Bukan hanya performanya saja yang mengesankan, namun juga bobotnya. Dibalik performanya yang handal, Swift Sport juga memiliki bobot yang ringan.

Suzuki memang berusaha sebaik mungkin agar bobot Suzuki Swift Sport Hybrid 2020 tetap ringan meski menggunakan mesin hybrid. Usahanya pun membuahkan hasil sebagaimana yang diharapkan.

Mobil Suzuki Swift Sport ini akan diperkenalkan dengan bobot mesin hanya 15 kg. Dengan bobot tersebut, Suzuki Swift Sport sudah dibekali baterai lithium ion.

Komponen ini bisa ditemukan di bagian bawah kursi depan yang sepaket dengan converter unit. Penempatan baterai ini bukan tanpa alasan. Dengan posisi ini, distribusi bobotnya menjadi lebih baik.

Baterai ini sendiri dikolaborasikan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan converter 48V-12V. Semakin mumpuni karena sistem ini masih akan dikombinasikan dengan mesin K14D Boosterjet Turbo yang mengalami peningkatan.

Berkat perpaduan tersebut, Suzuki Swift Sport mampu mengeluarkan tambahan torsi sebesar 235 Nm pada putaran mesin 2.000cc.

Daya Tarik Mobil Hybrid

Mobil yang ditenagai dengan mesin hybrid, seperti Suzuki Swift Sport Hybrid 2020, memiliki daya tarik atau kelebihan tersendiri yang membuatnya beda dengan mobil non hybrid.

Jika anda berminat atau tengah berencana untuk memiliki mobil hybrid, ada baiknya anda ketahui apa saja daya tariknya. Berikut ulasannya.

Minim Getaran

Mobil hybrid dinilai lebih minim getaran jika dibandingkan dengan mobil non hybrid. Dengan kemampuannya tersebut, anda tak perlu malu saat terjebak macet.

Mobil hybrid yang anda kendarai tak akan mengganggu kenyamanan pengendara lain. Selain minim getaran, suara mesin mobil juga akan senyap.

Pasalnya, saat mobil hybrid terjebak macet, mesin bensinnya tak akan hidup. Mobil hybrid bisa bergerak dengan bantuan motor listrik tenaga baterai.

Peningkatan Akselerasi

Selain minim getaran dan suara senyap, mobil hybrid seperti Suzuki Swift Sport Hybrid 2020 juga memiliki peningkatan akselerasi. Hal ini dikarenakan perpaduan mesin bensin dan motor listrik tenaga baterainya mampu menambah daya yang berpengaruh terhadap akselerasinya.

Dengan mengandalkan keduanya, tentu bukan hanya akselerasi saja yang meningkat, akan tetapi juga kecepatannya. Berkendara dengan mobil hybrid pun akan terasa lebih mengesankan pastinya.

Irit Bahan Bakar

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, meski performa yang dihasilkan sangat bertenaga, namun mobil hybrid tetap hemat bahan bakar.

Adapun alasannya karena mesin bensin mobil tak hidup secara terus-menerus. Bahkan sistem kelistrikannya, seperti AC, audio, dan power window, ditenagai oleh baterai.

Dengan demikian, mobil hybrid menjadi solusi terbaik untuk anda yang ingin irit pengeluaran namun tetap bisa bergaya dan memenuhi kebutuhan perjalanan dengan baik.

Mobil dengan mesin hybrid memang memiliki banyak kelebihan sehingga menguntungkan penggunanya. Tak heran jika banyak pecinta otomotif yang menginginkannya.

Untuk pasar otomotif di tahun 2020 mendatang, ternyata Suzuki tak hanya membekalkan mesin hybrid pada Swift Sport saja, akan tetapi juga Vitara dan S-Cross.

Mengenai detail spesifikasi Suzuki Swift Sport Hybrid 2020, Vitara dan S-Cross, dikabarkan akan diungkap sebelum diluncurkan di Eropa yang jadwalnya pada Maret 2020. (R10/HR-Online)