Tahun 2019, 1.300 ASN di Ciamis Pensiun

ASN di Ciamis pensiun
Ketua Korpri Ciamis, H Tatang. Foto: Jujang/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Ciamis mengungkapkan hampir setiap tahun terdapat 1.300 ASN di Ciamis pensiun, dan 700 di antaranya merupakan guru.

Ketua Korpri Ciamis, H Tatang, mengatakan, pada 4 Desember 2019 besok Korpri akan melepas sebanyak 340 ASN yang purna bakti.

“Saat ini anggota Korpri Ciamis berjumlah sekitar 10 ribu, namun tiap tahun banyak yang pensiun, sedangkan kuota pengangkatan ASN di Ciamis tiap tahunya minim,” ujar H Tatang yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.

Kuota CPNS Kabupaten Ciamis tahun 2019, kata Tatang, hanya 277 formasi. Itupun untuk semua formasi. Sedangkan kuota untuk tenaga pendidik dan kependidikan hanya 155 orang.

“Tentu jumlah tersebut tidak akan bisa menutup kekurangan guru di Ciamis. Makanya kita siasati itu,” katanya.

Lebih lanjut H Tatang mengatakan, dengan pensiunya 700 guru setiap tahun, maka akan terjadi kekosongan guru di sekolah baik di SD maupun SMP.

Dalam upaya mengatasi kekosongan tersebut, pihaknya menyiasati dengan guru rangkap.

“Dengan keberadaan guru honorer atau sukwan di sekolah juga sangat membantu kekosongan tersebut,” ucapnya.

Pada momentum HUT Korpri ke 48 ini, pihaknya berharap kepada para anggota Korpri, untuk terus meningkatkan SDM nya, dan semakin profesional terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. (Jujang/R6/HR-Online)

Loading...