Manfaat Tanaman dalam Ruangan Ternyata Bisa Tingkatkan Kualitas Hidup

Tanaman dalam Ruangan
Ilustrasi Tanaman dalam Ruangan. Foto: Istimewa

Bagi sebagian orang menyimpan tanaman dalam ruangan mungkin lebih sebagai hiasan indoor untuk mempercantik ruangan. Namun tahukah Anda jika adanya tanaman di dalam rumah mampu membuat hidup lebih berkualitas. Salah satunya bisa membantu menghilangkan stres.

Dalam pandangan desain interior umumnya orang lebih mengutamakan keberadaan perabot dan hiasan sebagai unsur utamanya. Begitu pun dengan komposisi warnanya biasanya memadukan warna cat, karpet dan sofanya.

Penekanan aspek fungsi dalam penataan interior tampaknya justru mendorong banyak orang, khususnya di perkotaan yang semakin jauh dengan alam. Yang mereka utamakan lebih pada perabot dan barang fungsional ketimbang tanaman dalam ruangan.

Belakangan orientasi ini mulai bergeser setelah munculnya gerakan back to nature yang mempengaruhi tata interior modern. Terlebih dengan banyaknya keluhan terhadap ritme hidup yang dirasakan makin hampa karena terlalu menguras waktu untuk pekerjaan.

Manfaat Tanaman dalam Ruangan untuk Kesehatan

Jenis tanaman yang umumnya dipelihara dan diletakkan di dalam rumah adalah jenis tanaman hias. Selain untuk mempercantik ruangan, tampilan tanaman yang memang menarik menambah pesona.

Namun banyak orang yang tidak melakukan hal ini karena dianggap merepotkan atau karena kesibukan. Padahal, manfaat tanaman dalam ruangan sangat besar. Seperti yang akan diulas di bawah ini.

Menyegarkan Ruangan dan Mengurangi Debu

Baik tanaman hias ataupun jenis lainnya sangat berguna untuk membuat udara di dalam ruangan menjadi lebih segar dan bersih. Hal ini karena tumbuhan akan menghasilkan oksigen dengan menyerap karbondioksida di sekitarnya.

Bahkan manfaat tanaman dalam ruangan mampu mengurangi debu di dalam rumah karena kemampuannya dalam mengontrol kelembaban di lingkungannya. Dengan udara yang lebih bersih, lebih segar dan kaya oksigen sangat baik untuk penghuninya.

Membantu Meredakan Stres

Stres banyak dialami orang yang sibuk dan mengejar karier. Justru dengan kesibukan itulah mereka seharusnya sadar bahwa dengan menambah interior di rumahnya dengan tanaman dalam ruangan bisa membantu menghilangkan penat setelah sibuk dengan aktivitas kerjanya.

Apapun jenis tanaman yang diletakkan di dalam rumah, selain akan menambah cantik dengan bentuknya yang indah, juga akan membuat udara di dalam rumah lebih segar dan baik untuk otak.

Membunuh Bakteri

Manfaat tanaman dalam ruangan juga membantu menjaga kesehatan tubuh penghuninya. Karena makin polutifnya udara di dalam rumah akan semakin mudah terserang penyakit. Hal ini karena banyaknya radikal bebas dan bakteri yang beterbangan sehingga udara menjadi semakin kotor.

Dengan meletakkan tanaman di dalam rumah akan sangat berguna untuk membersihkan udara yang kotor dan polutif. Bahkan tanaman mampu membunuh bakteri. Sehingga udara di dalam rumah juga akan lebih sehat.

Membuat Mata Lebih Segar

Kehadiran tanaman yang memiliki tampilan menarik tentu sangat baik untuk memberikan pandangan yang lebih menyegarkan bagi mata. Selain baik bagi mata Anda juga bisa menikmati keindahan alam melalui tanaman itu.

Tidak Membuat Tubuh Mudah Ngantuk dan Letih

Tubuh yang gampang mengantuk atau cepat letih bisa jadi tanda tubuh tidak sehat. Kondisi ini bukan hanya karena beban kerja atau pikiran, namun bisa dari lingkungan yang kotor dan tinggi CO2-nya.

Dengan meletakkan dan menambahkan tanaman dalam ruangan rumah akan sangat berguna untuk mengubah kondisi udara menjadi lebih sehat. Tubuh pun tak akan mudah letih dan gampang mengantuk lagi.

Menenangkan dan untuk Terapi Saraf

Tanaman khususnya tanaman tertentu mengeluarkan aroma bunga yang wangi dan semerbak. Bau harum alami dari tanaman jauh lebih sehat dan bermanfaat untuk kesehatan ketimbang bau dari produk pewangi ruangan.

Bahkan ada beberapa jenis tanaman hias yang bau wanginya mampu memberikan efek yang menenangkan. Anda bisa memilih tanaman yang diinginkan sekaligus baik sebagai terapi syaraf.

Demikianlah keuntungan dan manfaat tanaman dalam ruangan yang sangat baik untuk kesehatan fisik maupun psikologis. Namun saat malam anda bisa pindahkan tumbuhan itu keluar rumah agar manfaatnya optimal. (R9/HR-Online)

Loading...