Selasa, Juli 5, 2022
BerandaBerita TerbaruTanda Tubuh Kekurangan Protein, Waspada!

Tanda Tubuh Kekurangan Protein, Waspada!

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com).- Tanda tubuh kekurangan protein, waspada! Protein merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan karena mempunyai peran penting bagi tubuh.

Sepertihalnya mempercepat reaksi biologis, mengangkut oksigen ke eritrosit, pembentukan antibodi dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, kekurangan protein dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh.  Berikut ini beberapa tanda kekurangan protein pada tubuh yang harus segera diantisipasi.

Begini Tanda Tubuh Kekurangan Protein

Susah Tidur

Sulit tidur juga bisa disebabkan oleh kurangnya protein dalam tubuh. Karena untuk bisa tidur nyenyak, otak juga perlu mengendalikan semua hormon.

Apabila tubuh kekurangan protein yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak maka dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormone yang dapat mempengaruhi tidur Anda.

Otot Mengecil dan Kekuatannya Melemah

Tubuh yang kekurangan protein dapat menyebabkan otot menjadi kecil dan lemah. Mengonsumsi makanan yang kurang mengandung protein juga bisa menyebabkan kelemahan pada otot atau nyeri sandi secara tiba-tiba.

Hal ini pada umumnya menyerang para pria seiring bertambahnya usia. Karena pria lebih mudah mengalami kehilangan massa otot akibat penuaan.

Kerusakan Rambut

Munculnya kerusakan pada rambut juga bisa menjadi tanda tubuh kekurangan protein. Karena rambut terdiri dari protein yang biasa disebut dengan keratin. Keratin sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Oleh sebab itu, jika Anda kekurangan protein maka akan menyebabkan berkurangnya asupan protein yang dibutuhkan rambut. Hal ini bisa menyebabkan rambut mudah rontok, kering dan rapuh.

Kuku Rapuh dan Mudah Patah

Lapisan pada kuku terdiri dari lapisan laminasi protein yang disebut keratin. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki kuku yang sehat dan kuat, maka harus memperhatikan asupan protein pada tubuh.

Kekurangan protein tak hanya menyebabkan kuku rapuh dan mudah patah tetapi, juga dapat menyebabkan bercak putih pada kuku, bintil kuku, retak, dan kuku lebih sering keluar nanah.

Retensi Cairan

Protein sangat berperan penting dalam menjaga cairan supaya tidak berlebihan dalam jaringan, terutama di kaki dan pergelangan kaki. Sistem kerjanya yakni dengan menahan garam dan air di pembuluh darah.

Oleh karena itu, apabila tubuh kekurangan protein dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki. Pembengkakan ini ditandai apabila kulit yang bengkak ditekan dengan jari akan menyisakan sidik jari.

Kabut Otak

Kabut otak atau brain fog adalah kondisi ketika fungsi otak sedikit mengalami gangguan. Tanda orang mengalami kabut otak yakni merasa lelah, moody, dan sulit konsentrasi.

Kondisi ini terjadi karena tubuh kekurangan asupan protein dan kadar gula darah berfluktuasi. Hal ini sebab protein mempunyai peran penting pada fungsi neurologis yang sehat.

Itulah beberapa tanda tubuh kekurangan protein yang harus diperhatikan supaya tidak berakibat fatal apabila terlambat dalam penanganannya. Anda juga perlu memperbaiki asupan protein tubuh agar tidak terjadi hal-hal yang lebih parah. (Deni/R4/HR-Online)