Tawon Vespa Affinis Serang 2 Warga Pangandaran, BPBD Turun Tangan

Tawon Vespa Affinis
Petugas BPBD saat menangani sarang tawon vespa affinis di komplek terminal bus Cijulang. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran berhasil mengevakuasi sarang tawon vespa affinis yang berada di komplek Terminal Bus Cijulang sekitar pukul 20.00 WIB, Rabu (11/12/2019).

Menurut salah satu petugas BPBD Kabupaten Pangandaran, Pandu, pihaknya mendapatkan laporan dari Kepala Dusun setempat bahwa 2 orang terkena sengatan tawon vespa. Meski tidak ada korban jiwa, namun keberadaan sarangnya membuat warga khawatir.

“Kita mendapatkan laporan sekitar pukul 19.00 WIB. Saat itu kita langsung meluncur ke lokasi dengan membawa 1 unit mobil damkar. Alhamdulillah sekitar pukul 21.00 WIB sarangnya berhasil kita evakuasi,” kata Pandu, Kamis (12/12/2019).

Pandu menjelaskan, sarang tawon yang berdiameter 60×30 centimeter persegi tersebut berhasil dievakuasi dengan alat seadanya.

Meski begitu, pihaknya dan petugas lainnya berhasil mengevakuasi sarang tawon tersebut dengan lancar tanpa halangan apapun.

“Dalam melakukan penanganan seperti ini, biasanya dilakukan pada malam hari. Sebab, saat siang hari tawonnya agresif dan aktif, berbeda dengan malam hari,” jelas Pandu.

Ia pun mengimbau kepada warga untuk melaporkan kepada BPBD bila terdapat sarang tawon vespa yang membahayakan warga. Nantinya, sarang tersebut akan dievakuasi oleh pihaknya. (Entang/R6/HR-Online)

Loading...