Telinga Berdenging Sebelah Kiri? Awas Bisa Jadi Tinnitus!

telinga berdenging sebelah kiri
Ilustrasi telinga berdenging sebelah kiri. Foto: Istimewa

Orang yang sering mengalami telinga berdenging sebelah kiri biasanya dikaitkan dengan anggapan sedang diomongin orang. Ada juga yang menganggap telinga berdenging sebagai tanda kesialan.

Ada banyak mitos yang entah darimana sumbernya tentang berbagai tanda atau gejala pada tubuh yang dikaitkan dengan hal yang berbau mistis. Seperti mata kedutan, tremor pada tangan dan lainnya.

Padahal, suara yang mendengung di telinga bukanlah gejala supranatural, melainkan gejala medis biasa yang bisa saja berhubungan dengan adanya gangguan suatu penyakit.

Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Suara-suara yang sering terdengar di telinga tanpa diketahui sumbernya memang dialami banyak orang. Suara ini bisa seperti desisan, auman, mendengung, berupa siulan atau suara yang memiliki irama tertentu.

Mengenali faktor penyebab suara mendenging di telinga akan sangat membantu dalam mengatasi maupun mengobatinya. Berikut ini berbagai penyebab telinga berdenging sebelah kiri yang sebaiknya Anda tahu.

Karena Suara Bising

Lingkungan kerja atau tempat tinggal yang terlalu bising juga bisa menyebabkan timbulnya telinga sering mendengar suara mendenging. Sejumlah profesi dan pekerja, seperti pilot, pemain musik atau pekerja bangunan akan sering mengalaminya.

Lingkungan yang bising dan terjadi dalam waktu dan intensitas yang tinggi memang bisa mempengaruhi kesehatan pendengaran. Bahkan kondisi yang parah bisa menyebabkan kerusakan sel koklea telinga bagian dalam yang menyebabkan tuli.

Infeksi pada Saluran Pendengaran

Faktor lainnya yang juga biasanya menyebabkan telinga berdenging sebelah kiri adalah karena adanya penyumbatan yang terjadi di dalam telinga, khususnya pada saluran pendengaran.

Gangguan ini bisa disebabkan karena terjadinya infeksi pada saluran pendengaran. Setelah dilakukan pengobatan oleh dokter, biasanya suara mendenging akan hilang meskipun terkadang juga bisa muncul.

Karena Tinnitus

Jika Anda sering mengalami telinga berdenging sebelah kiri bisa jadi itu merupakan gejala tinnitus. Tinnitus juga bisa terjadi pada telinga kanan, kiri ataupun keduanya.

Kadang suara ini muncul sesaat, namun tak jarang yang berulang ataupun agak lama. Tinnitus atau suara mendengung di telinga sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya dan dialami hampir semua orang, khususnya orang lanjut usia.

Meskipun mungkin sepele, namun tak jarang juga sangat mengganggu. Bahkan tak sedikit orang yang mengalami jengkel, cemas, hingga stres akibat suara telinga berdenging sebelah kiri.

Karena Neuroma Akustik

Faktor lain yang juga bisa menyebabkan munculnya suara mendengung di telinga adalah neuroma akustik. Ini merupakan sejenis tumor yang menyerang pendengaran di telinga yang cukup berbahaya karena bisa menyebabkan ketulian.

Namun untuk memastikan kondisi ini biasanya dokter akan melakukan tes MRI atau Magnetic Resonance Imaging (MRI). Tes ini dilakukan untuk menguji saraf pendengaran melalui prosedur tertentu.

Cara Mengatasi Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Untuk mencegah maupun mengatasi terjadinya telinga berdenging sebelah kiri atau kanan tentunya dilakukan berdasarkan faktor penyebabnya. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan itu diantaranya.

Meminimalisir Faktor Penyebabnya

Salah satu cara agar tidak sering mendengar suara mendengung diantaranya dengan meminimalisir faktor penyebabnya. Jika lingkungan yang terlalu bising anda bisa menghindari atau menjauhkan diri dari lingkungan tersebut.

Dengan Pengobatan

Cara lain untuk mengatasi telinga berdenging sebelah kiri adalah dengan melakukan pengobatan. Anda bisa membeli obat telinga berdenging di apotik ataupun dengan menggunakan obat tradisional telinga berdengung.

Obat semacam ini berguna untuk mengatasi gangguan telinga karena infeksi. Namun dalam mengobati telinga semacam ini sebaiknya hindari obat yang mempunyai efek samping ototoksik yang justru bisa memperparah kondisi.

Namun, jika dengan pengobatan darurat kondisinya tidak semakin baik, maka Anda perlu memeriksakan pada dokter THT. Penanganan medis yang tepat terhadap telinga berdenging sebelah kiri diharapkan dapat mencegah dampak yang lebih buruk. (R9/HR-Online)