Tempat Melihat Gerhana Matahari Cincin Api di Indonesia

Tempat Melihat Gerhana Matahari Cincin Api di Indonesia

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Tempat Melihat Gerhana Matahari Cincin di Indonesia. Gerhana matahari cincin merupakan salah satu fenomena alam menarik. Banyak masyarakat tertarik untuk menyaksikan keindahannya.

Pada 26 Desember 2019, diperkirakan gerhana ini akan melintasi wilayah Indonesia. Untuk itu, masyarakat akan mencari tempat melihat gerhana matahari cincin terbaik. Untuk mengetahui tempat mana saja yang cocok untuk menyaksikannya, berikut ini diantaranya.

Tempat Melihat Gerhana Matahari Cincin

Laman Boenda

Laman Boenda merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menyaksikan fenomena gerhana matahari cincin pada 26 Desember. Gedung gonggong yang terletak di kota Tanjungpinang tepatnya letaknya saling berhadapan dengan laut Boenda.

Alasan menggunakan gedung tersebut sebab lokasinya sangat strategis untuk melakukan pengamatan gerhana matahari cincin yang akan terlihat pukul 10.00-14.00 WIB.

Kampung Bunsur, Siak

Kampung Bunsur Siak merupakan kampung yang terkenal dengan Istana Siak Sri Indrapura, tepatnya berada di wilayah Riau. Tempat ini merupakan saah satu tempat melihat gerhana matahari cincin terbaik yang akan muncul pukul 10.22-14.14 WIB.

Selain menjadi titik tempat menyaksikan fenomena alam langka yang ditetapkan oleh LAPAN, tempat ini ternyata juga merupakan tempat atau destinasi wisata.

Duri, Riau

Duri yang terletak di Provinsi Riau ditunjuk menjadi titik lokasi yang cocok untuk menyaksikan fenomena alama gerhana matahari cincin.

Selain tempatnya indah, juga memiliki lokasi yang cukup strategis. Tempat ini juga sudah banyak dikunjungi para wisatawan.

Sebab, pengunjung juga dapat melihat wisata hutan lindung dan suaka marga satwa di bukit batu hingga peninggalan datuk laksamana Raja Dilaut.

Singkawang, Kalimantan Barat

Tempat yang cocok untuk menyaksikan fenomena alam selanjutnya yaitu di dareah Singkawang Kalimanatan Barat.

Menurut pengamat antriksa dan atmosfir, lokasi yang tepat untuk melihat gerhana matahari cincin lebih tepatnya berada di Masjid Raya Singkawang.

Fenomena alam ini biasanya akan muncul 5 kali dalam satu tahun di lokasi yang berbeda. Dibutuhkan waktu sekitar 300 tahunan untuk menyaksikan fenomena tersebut di tempat yang sama.

Saat melihat gerhana matahari cincin, Anda harus tetap memerlukan alat bantu seperti teleskop, kamera, dan kacamata cahaya matahari.

Sebab, melihat gerhana tanpa menggunakan alat bantu akan menyebabkan sakit mata, pusing, mata pedih dan berair. Bahkan dapat juga mengakibatkan efek fatal, yaitu mengalami kebutaan.

Puncak Simarsayang, Padang Sidempuan, Sumatera Utara

Padang Sidempuan merupakan salah satu lokasi yang recommeded untuk menyaksikan gerhana matahari cincin. Anda dapat menyaksikannya dari Puncak Simarsayang. Selain itu Anda juga dapat menikmati pemandangan sunrise dan keindahan Kota Padang Sidempuan.

Itulah beberapa titik lokasi atau tempat melihat gerhana matahari cincin terbaik yang dapat Anda pilih untuk menyaksikan fenomena alam pada 26 Desember 2019 mendatang. Sangat di sayangkan jika Anda melewatkan fenomena alam tersebut. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...