Tingkat Kesadaran Rendah, Buang Sampah ke Sungai Cikadongdong Ciamis Masih Terjadi

Sungai Cikadongdong Ciamis
Sampah yang di Sungai Cikadongdong Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masih rendah. Indikasi tersebut terlihat di Daerah Aliran Sungai Cikadongdong yang kerap dijadikan tempat pembuangan sampah.

Warga Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, berharap kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai tersebut segera ditindak lanjuti.

Yogas Herdaya, warga sekitar, mengatakan, Sungai Cikadongdong yang berada di sekitar rumahnya jadi tempat pembuangan sampah. Meski tidak tahu secara pasti siapa yang melakukannya, dia berharap kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai tidak terus terjadi.

Sebab, kata Yogas, selain tidak sedap dipandang mata, juga akan berdampak kepada ekosistem yang ada. Menurutnya, setiap musim kemarau sungai penuh dengan sampah sementara di musim penghujan, sampah bersih terbawa derasnya arus sungai.

Wawan, warga lainnya, mengatatakan, daerah aliran sungai Cikadongdong yang terlihat jadi tempat pembuangan sampah ada di dua titik, yaitu di bawah Jembatan Sundawa dan Sasak Poronggol.

“Kami yakin, tumpukan sampah yang berada di bawah Jembatan Sundawa maupun Jembatan Poronggol tidak sepenuhnya berasal dari warga sekitar. Tidak menutup kemungkinan warga dari luar daerah juga sengaja membuang sampah dari atas jembatan. Atau juga bisa jadi hanyut dari daerah lain melalui aliran sungai,” katanya.

Menurut Wawan, untuk mengantisipasi agar tidak lagi membuang sampah sembarangan ke sungai, dipandang perlu adanya tempat sampah di setiap trotoar. Hal itu bisa dilakukan melalui kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH). 

“Sehingga nanti DLH yang menyediakan bak-bak sampah. Terpenting kerjasama tersebut tidak ada pihak yang dirugikan,” katanya.

Kepala Desa Kawali, Ismail Marzuki, membenarkan, daerah aliran Sungai Cikadongdong  banyak dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab sebagai tempat pembuangan sampah.

Meski pihaknya setiap kegiatan selalu memberikan himbauan agar tidak membuang sampah ke sungai, masyarakat yang mempunyai kebiasaan buruk tetap saja ada. Menurut Ismail, kemungkinan orang yang membuang sampah ke sungai, selain warga dari luar daerah  juga pedagang yang berjualan malam hari. (Dji/Koran HR)

Loading...