Minggu, Oktober 2, 2022
BerandaBerita TerbaruTremor pada Tangan, Ini Gejala dan Penyebab yang Sebaiknya Diwaspadai!

Tremor pada Tangan, Ini Gejala dan Penyebab yang Sebaiknya Diwaspadai!

Tanda atau gejala berupa tremor pada tangan sering dialami banyak orang, khususnya yang telah berumur. Meskipun begitu tremor juga tak sedikit yang dialami anak muda hingga anak-anak.

Tremor adalah getaran pada tubuh yang umumnya terjadi secara tidak disadari atau tidak terkontrol. Tangan gemetar biasanya terjadi secara tiba-tiba dan tidak jelas penyebabnya.

Namun tangan yang gemetar semacam ini umumnya terjadi karena kita sedang gugup. Seperti saat akan menghadapi wawancara kerja, mau ngapel ke tempat pacar atau malah gugup karena akan ketemu calon mertua.

Tremor pada tangan yang umum terjadi memang lebih disebabkan kondisi yang gugup atau syok. Getaran pada tangan yang tidak disadari ini tak jarang juga diikuti dengan keluarnya keringat dingin.

Selain karena kondisi tubuh yang sedang gugup seperti tangan gemetar, juga bisa merupakan tanda atau gejala dari suatu penyakit. Karena kenali penyebab tremor dan lakukan tindakan segera agar tidak berdampak buruk.

Faktor Penyebab Tremor Pada Tangan

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya tremor. Berikut faktor penyebab tangan gemetar yang paling sering terjadi dan seharusnya diwaspdai.

Faktor Genetik

Faktor genetik atau keturunan ternyata bisa mempengaruhi terjadinya gemetaran pada tangan atau anggota tubuh lainnya. Jika Anda sering mengalami tremor cobalah untuk bertanya pada orang tua apakah juga mengalami kondisi ini.

Tremor yang umumnya dipengaruhi faktor keturunan ini biasanya terlihat pada tangan yang gemetaran pada saat menulis, makan atau memegang sesuatu. Mungkin Anda sering melihat teman atau kenalan yang mengalami hal ini.

Faktor Stres dan Ketegangan

Tekanan atau stres yang berlebihan tak hanya membuat tubuh lelah, namun juga dapat memicu terjadinya tremor pada tangan. Bahkan tak jarang kondisi ini bisa berlangsung lama hingga faktor pemicu stres bisa dinetralisir.

Kelelahan Fisik

Kelelahan tubuh bisa terjadi terutama setelah kita melakukan banyak aktivitas fisik. Batas kemampuan yang berbeda bisa membuat seseorang mengalami gemetaran pada tangannya. Namun hal ini akan sembuh dengan sendirinya setelah lelahnya hilang.

Terlalu Banyak Minum Kafein

Kafein banyak terdapat dalam kopi dan teh atau minuman favorit kebanyakan orang. Meskipun minuman ini bermanfaat untuk kesehatan, namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan juga bisa buruk untuk tubuh. Termasuk munculnya tremor pada tangan.

Gejala Penyakit Parkinson

Gangguan yang terjadi pada penderita penyakit Parkinson biasanya diikuti terjadinya kerusakan saraf. Kondisi ini bisa menyebabkan otak tidak mampu memproduksi dopamin. Selain tubuh mudah lelah juga terjadinya tangan yang sering gemetaran.

Tanda Sindrom Carpal Tunnel

Sindrom yang satu ini juga berhubungan dengan gangguan saraf. Penderita sindrom ini membuat seseorang kesulitan menggunakan tangannya. Selain tubuh yang gampang lelah, tangan pun sering tremor dan gemetaran.

Cara Mengatasi Tremor pada Tangan

Penanganan maupun cara mengatasi tremor pada tangan bisa dilakukan dengan memperhatikan faktor penyebabnya. Jika gemetaran ini karena kelelahan setelah berolahraga, maka beristirahat yang cukup maka tremor akan hilang sendiri.

Begitu juga penyebab tangan sering gemetaran karena terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau teh yang banyak mengandung kafein, maka penanganannya tinggal mengurangi atau menghindarinya. (R9/HR-Online)