Tsunami Paling Dahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia

Tsunami Paling Dahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Tsunami Paling Dahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia. Menurut catatan sejarah, Indonesia pernah beberapa kali dilanda bencana tsunami. Bahkan, salah satu bencana ini disebut dalam daftar tsunami paling dahsyat di dunia.

Indonesia sendiri merupakan wilayah yang rawan terhadap gempa bumi. Indonesia juga masuk dalam daftar titik lokasi gempa paling dahsyat di dunia.

Indonesia sendiri berada di wilayah tiga lempengan. Yakni lempengan Indo-Australia, Eurasia dan Pasifik. Dan gempa yang terjadi di kawasan laut berpotensi menyebabkan tsunami.   

Tsunami Paling Dahsyat di Indonesia

Tsunami Palu (2018)

Tsunami Terdahsyat di Indonesia yang pertama adalah Tsunami Palu, Jum`at 28 September 2018. Gempa dengan magnitude 7,4 skala ritcher melanda wilayah Palu dan Donggala. Gempa itu kemudian mengakibatkan tsunami gelombang tinggi.  

Laporasi hasil observasi tim survei BMKG menyebutkan, gelombang tsunami tertinggi yang terjadi di wilaya Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah mencapai sekitar 11,3 meter.

Tsunami Mentawai (2010)

Tsunami Paling Dahsyat yang kedua adalah Tsunami Mentawai. Tsunami yang terjadi pada 25 Oktober 2010 ini dipicu gempa bumi berkekuatan 7,7 skala ritcher. Gempa bumi tersebut terjadi di lepas Pantai Sumatera, tepatnya di 240 km sebelah barat Bengkulu, tiak jauh dari Kepulauan Mentawai.

Tsunami dahsyat setinggi 3 sampai 10 meter itu menewaskan sekitar 461 orang dan menghancurkan 77 desa. Sedikitnya, 545 unit rumah milik warga rusak berat, 204 unit rumah warga rusak ringan dan 8 unit rumah ibadah rusak berat.

Tsunami Pangandaran (2006)

Tsunami Paling Dahsyat yang ketiga terjadi pada 17 Juli 2006. Tsunami tersebut melanda wilaya lepas pantai di wilayah Pangandaran.

Tsunami di Pangandaran dipicu gempa bumi berkekuatan 8 skala ritcher. Gempa bumi itu kemudian menimbulkan gelombang setinggi 6 meter.  

Gelombang tsunami yang terjadi di Pantai Pangandaran menelan korban jiwa sebanyak 659 orang. selain wilayah Pangandaran, tsunami juga berimbang ke sejumlah desa-desa di pesisir pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah.  

Tsunami Aceh (2004)

Tsunami Paling Dahsyat yang keempat adalah Tsunami Aceh. Gelombang tsunami dengan ketinggian sekitar 35 meter itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB, pada 26 Desember 2004.  

Tsunami Aceh tersebut tercatat menelan korban jiwa sebanyak 160 ribu jiwa. Tsunami itu juga meluluh-lantahkan sepanjang pesisir Barat Sumatera, sebagian wilayah Sri Lanka dan Semenanjung India. Tsunami Aceh dipicu gempa berkekuatan 9,3 yang terjadi 30 menit sebelum tsunami.

Tsunami Biak (1996)

Tsunami Paling Dahsyat yang kelima adalah Tsunami Biak yang terjadi pada tahun 1996. Tsunami tersebut dipicu gempa bumi berkekuatan 8,2 skala richter.

Gempa bumi ini menyebabkan gelombang air laut di Kabupaten Biak Numfor Papua, naik setinggi 7 meter. Tsunami tersebut tercatat menelan korban sebanyak 108 orang meninggal dunia. 423 orang korban tercatat mengalami luka-luka. 58 orang korban tercatat hilang. Dan 4.053 unit rumah hancur. (Deni/R4/HR-Online)