Tulang Belakang Sakit atau Nyeri? Redakan dengan Makanan Ini!

tulang belakang sakit
Ilustrasi sakit tulang punggung. Foto: Istimewa

Tulang belakang sakit atau nyeri bisa disebabkan oleh banyak faktor dan harus segera diatasi agar tidak semakin parah. Tulang bagian ini memiliki fungsi yang sangat penting lebih dari sekedar untuk menyangga tubuh.

Tulang belakang juga sering disebut tulang punggung, sebuah istilah yang kemudian diadopsi dalam kehidupan sosial yang bermakna sangat penting karena menopang kehidupan seseorang.

Tulang di bagian punggung ini makin terasa spesial karena tersusun dari 33 tulang serta ditopang oleh otot dan ligamen. Strukturnya juga simetris yang membuat tubuh terjaga dengan harmonis.

Selain untuk menyangga tubuh, ada banyak fungsi tulang belakang lainnya. Diantaranya membuat tubuh fleksibel dan lentur untuk bergerak, melindungi organ utama, melindungi saraf, meredam getaran, maupun menghasilkan sel darah merah.

Faktor Penyebab Tulang Belakang Sakit

Karena pentingnya fungsi dan tugas tulang belakang, maka sangat penting untuk selalu menjaganya agar sehat dan kuat. Namun sayangnya tidak mudah melindungi tulang punggung dari sakit atau cidera.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab tulang belakang sakit. Namun faktor paling umum yang bisa menyebabkan sakit diantaranya karena kecelakaan, mendapat tindakan kekerasan, cedera olahraga atau terjatuh.

Selain itu faktor penyakit juga bisa menyebabkan tulang punggung menjadi sakit. Penyakit osteoporosis, radang sendi, peradangan, ataupun kanker bisa menyebabkan nyeri punggung dan tulang belakang.

Terjadinya cedera tulang belakang umumnya karena adanya kerusakan pada sumsum tulang belakang atau mengenai saraf yang ada pada ujung sumsum tulang belakang. Kondisi ini akan menyebabkan tulang belakang berubah fungsinya.

Gejala yang sering muncul yang menyertai tulang belakang sakit diantaranya kehilangan fungsi otot, hilangnya sensasi, ataupun terganggunya fungsi otonom di bagian-bagian tubuh lainnya.

Makanan Terbaik untuk Mengatasi Tulang Belakang Sakit

Tulang belakang yang mengalami cedera atau sakit bisa diatasi dengan pengobatan medis. Namun untuk meredakan sakit atau rasa nyeri pada tulang belakang bisa diredakan dengan asupan makanan terbaik berikut ini.

Produk Susu

Susu beserta produk-produk olahan lainnya seperti keju atau yogurt merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang sangat efektif untuk membangun dan menguatkan tulang.

Asupan ini juga bisa meningkatkan dan menjaga kepadatan tulang serta menguatkan otot-otot yang menyokong tulang belakang. Karena itu orang yang mengalami tulang belakang sakit perlu mengonsumsi minuman ini.

Buah Jeruk dan Sitrus

Buah jeruk, stroberi, kiwi, dan anggur kaya dengan vitamin C yang penting untuk mengatasi sakit otot, tendon, ataupun ligamen. Buah-buahan ini juga penting untuk pembentukan kolagen yang berkhaisat menguatkan tulang dan otot.

Minyak Ikan dan Ikan Laut

Penelitian menemukan bahwa asam lemak omega 3 yang terdapat minyak ikan berperan penting dalam memulihkan tulang belakang sakit atau nyeri. Asupan ini juga penting untuk regenerasi tulang yang keropos atau luka.

Anda juga bisa mengonsumsi ikan salmon, sarden, mackerel, atau ikan trout yang juga kaya dengan vitamin A dan D yang baik untuk menguatkan tulang punggung.

Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau juga sangat baik untuk menyembuhkan nyeri pada tulang belakang. Sebuah penelitian menyimpulkan konsumsi sayuran hijau atau kuning mampu memulihkan tulang belakang sakit.

Sayuran seperti kangkung, bayam, sawi-sawian, brokoli, kubis Brussel, ataupun alpukat kaya dengan magnesium, kalsium, dan vitamin K yang berguna untuk menguatkan tulang dan menjaga kesehatan neurologis.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga makanan terbaik untuk mengatasi nyeri tulang punggung. Kacang almond, kacang mete, dan kenari kaya asam lemak omega 3, vitamin E, kalsium, magnesium, fosfor, dan serat yang efektif mengatasi nyeri tulang belakang.

Itulah berbagai jenis makanan terbaik yang wajib masuk dalam menu anda untuk meredakan dan mengatasi tulang belakang sakit dan nyeri. Nyeri punggung yang kerap dialami bisa dikurangi dengan asupan makanan tersebut. (R9/HR-Online)

Loading...