Unik, Bebek Jantan di Ciamis Ini Jadi ‘Pengasuh’ Anak Ayam

bebek jantan di Ciamis
Bebek jantan di Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis bersama anak ayam yang 'diasuhnya'. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Hal unik terjadi di Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pasalnya, ada seekor bebek jantan di Ciamis yang jadi ‘pengasuh’ anak ayam.

Fenomena langka tersebut terjadi lantaran anak ayam pernah satu kandang dengan bebek. Ketika anak ayam ditinggal mati induknya, anak ayam tersebut sempat disatukan dengan anak ayam lainnya. Namun, anehnya anak ayam itu malah sering kabur dan ke luar kandang.

Hal itu diceritakan Mumun Munpiati, warga Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Sebagai pemilik bebek langka itu, Mumun mengaku kaget saat pertama mengetahui bebek miliknya lebih sering mengasuh anak ayam.

“Pernah disatukandangkan sama anak ayam lainnya, ketika induknya mati, namun entah mengapa anak ayam terlihat tidak betah dan sering kabur, tidak menyangka anak ayam malah mengejar-ngejar bebek jantan,” tutur Mumun kepada HR Online, Kamis (5/12/2019).

Mumun sempat berpikir bebek jantan miliknya itu akan terganggu dan malah mematuk si anak ayam, namun yang terjadi justru sebaliknya.

“Saya sempat kepikiran bebek jantan tersebut akan mematuknya, sebab sering terjadi anak ayam yang masih kecil dipatuknya hingga mati. Namun ternyata anak ayam tersebut malah diasuhnya padahal bebek tersebut berkelamin jantan,” lanjut Mumun.

Mumun mengatakan, anak ayam tersebut sudah hampir tiga minggu terus mengikuti ke mana bebek jantan di Ciamis itu pergi. Kasih sayang bebek jantan juga terlihat ketika anak ayam ketinggalan, bebek jantan di Ciamis ini kemudian mencarinya.

“Sebenarnya itu biasa terjadi, namun umumnya atau biasanya itu terjadi apabila indukan bebek mengerami telur ayam. Itu sudah pasti. Kalau indukan bebek jantan mengasuh anak ayam baru kali ini saya lihat,” kata Mumun.

Mumun menambahkan, kasih sayang yang ditunjukkan oleh bebek jantan miliknya itu sangat jarang terjadi. Karena biasanya bebek jantan tersebut seringnya mematuk anak ayam sampai mati. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...