Upaya Fitur Baru Instagram Untuk Keamanan Pengguna

Upaya Fitur Baru Instagram
Ilustrasi Instagram. Foto: Istimewa

Fitur baru Instagram akan memberikan pengalaman baru bagi para penggunanya. Hal ini juga merupakan upaya berkelanjutan dari pihak Instagram.

Dengan adanya fitur baru ini, maka pengguna akan mendapat pengalaman baru. Hal ini terkait dengan informasi dan juga privasinya.

Pemilik akun Instagram akan lebih mudah menjaga privasi dan informasi akunnya. Hal ini membuat pengguna Instagram lebih nyaman dan aman.

Dampak Fitur Baru Instagram Bagi Pengguna

Instagram merupakan alah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna. Aplikasi ini hadir hampir menyerupai Facebook.

Namun tampilan aplikasi ini berbeda dengan Facebook. Meskipun begitu, kontak di Facebook bisa dihubungkan dengan Instagram.

Seperti yang diketahui bahwa Instagram memiliki beberapa fitur baru. Fitur tersebut memberikan dampak bagi para penggunanya.

Tentunya dampak yang diberikan adalah dampak positif. Pengguna akan lebih nyaman dan aman ketika menggunakan Instagram.

Hal ini membuktikan bahwa pembaruan fitur baru Instagram telah berhasil. Banyak pengguna yang lebih merasa nyaman dan aman ketika menggunakan Instagram.

Upaya pembaruan ini masih berlanjut, Sehingga akan ada pembaruan yang lainnya. Pembaruan tersebut masih berkaitan dengan fitur. Jadi pengguna Instagram akan lebih nyaman dan merasa aman.

Upaya Fitur baru Instagram Pada Keamanan Pengguna

Dari beberapa fitur tersebut pihak Instagram sudah memberlakukan beberapa upaya. Ada beberapa upaya dari dampak fitur baru Instagram.

1. Menanyakan Tanggal, Bulan, dan Tahun Lahir Pengguna

Fitur Instagram yang membuat pengguna lebih aman kini sudah diberlakukan. Salah satu upayanya adalah menanyakan tanggal lahir sedetail mungkin.

Sebelumnya, hal ini belum pernah ada. Karena pihak Instagram hanya membutuhkan alamat email saja untuk konfirmasi.

Selain itu, saat pendaftaran pihak Instagram juga hanya mengakses foto profil saja. Namun kini pihak Instagram akan menanyakan tanggal lahir juga.

Upaya ini ternyata memiliki tujuan. Sebab ada beberapa ketentuan dibalik fitur baru Instagram ini.

Salah satunya adalah usia pengguna Instagram sudah harus mencapai 13 tahun. Hal ini merupakan pengalaman baru bagi pengguna Instagram.

Hal ini juga akan mencegah pengguna dibawah umur untuk bergabung ke Instagram. Jadi pengguna Instagram diisi oleh orang-orang yang sudah layak.

2. Kontrol Pengalaman Penggunaan Instagram

Upaya selanjutnya yang menjadi dampak dari fitur baru Instagram adalah kontrol penggunaan. Hal ini masih berkaitan dengan upaya sebelumnya.

Kontrol pengguna ini akan disesuaikan dengan usia. Data usia ini akan diambil dari informasi yang telah dimasukkan oleh pengguna.

Hal ini akan menjadi pengalaman baru bagi pengguna Instagram. Karena setiap tayangan atau aktivitas akan lebih dikontrol.

Terutama untuk kontrol pengaturan privasi. Lebih tepatnya adalah pengaturan privasi remaja.

Kontrol ini akan memberikan beberapa pengarahan terkait dengan aktivitas pengguna. Pengarahan ini lebih tepatnya disebut dengan rekomendasi.

Biasanya rekomendasi ini akan muncul pada pencarian atau explore. Bahkan nantinya akan muncul rekomendasi baru terkait dengan batasan usia.

Untuk remaja dan setingkatnya akan mendapat rekomendasi baru misalnya edukasi. Rekomendasi ini membantu penyalahgunaan pengguna Instagram.

3. Memperkuat Privasi Keamanan

Upaya terakhir dalam fitur baru Instagram adalah terkait dengan privasi. Terutama untuk privasi pengiriman pesan atau DM.

DM ini lebih dikenal dengan Direct Message. Istilah ini digunakan untuk pengiriman pesan pada Instagram.

Salah satu upayanya adalah memperkuat privasi pengguna ketika mengirim pesan. Hal ini dibuktikan dari pengontrolan yang dilakukan oleh pihak Instagram.

Pihak Instagram akan menjaga privasi penggunanya. Mulai dari siapa saja yang akan dikirimi pesan.

Pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa mengirimkan pesan terhadap dirinya. Sebelumnya pengguna akan memilih beberapa opsi. Diantaranya adalah hanya orang yang diikuti dan semua orang.

Opsi ini bisa menjadi dasar untuk anda dalam menjaga privasi pengiriman pesan. Tidak hanya pesan pribadi, fitur baru Instagram ini juga akan berdampak pada percakapan grup.

Beberapa pembaruan tersebut nyatanya terbukti aman bagi pengguna Instagram. Akan lebih baik jika fitur tersebut dimanfaatkan oleh pengguna sebaik mungkin.

Fitur baru Instagram yang memiliki dampak positif membuat pengguna semakin aman. Hal ini dapat dilihat dari beberapa upaya pihak Instagram untuk penggunanya. (R10/HR-Online)