Walikota Banjar Imbau Masyarakat Laksanakan Salat Gerhana Matahari

Imbauan Salat Gerhana Matahari
Walikota Banjar, Hj Ade Uu Sukaesih. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Walikota Banjar, Hj Ade Uu Sukaesih, mengimbau masyarakat untuk melaksanakan Salat Gerhana Matahari yang berlangsung pada 26 Desember 2019 besok.

Dalam Surat Imbauan yang disebar ke Kepala Desa dan Lurah se-Kota Banjar, Salat Gerhana Matahari atau Salat Kusuf tersebut dilaksanakan pada pukul 10.34 WIB.

Berdasarkan data astronomi, dalam surat tersebut, disebutkan gerhana matahari cincin dan gerhana sebagian yang akan dilihat di Indonesia puncaknya pukul 12.17 WIB dan berakhir pukul 14.00 WIB.

Karena hal itu, Hj Ade Uu Sukaesih mengimbau masyarakat untuk menggelar salat gerhana matahari tersebut secara berjamaah, dan khutbah sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Tak hanya itu, Walikota juga mengajak masyarakat berdoa bersama untuk keselamatan bangsa dan Negara.

Diketahui, Gerhana Mahari Cincin ini khusus wilayah menurut Lapan diprediksi lokasi paling ideal untuk melihat fenomena alam ini di Kabupaten Siak, Riau.

Sedangkan paling awal melihat gerhana ini adalah wilayah Sabang, Aceh, sekitar pukul 10.03 WIB. Adapun daerah paling akhir adalah Merauke, Papua, sekitar pukul 14.37 WIT. (Muhafid/R6/HR-Online)