Warga dari 2 Kecamatan Kompak Perbaiki Saluran Irigasi Nanggela Ciamis

Saluran Irigasi Nanggela
Perbaikan saluran irigasi Nanggela, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Minggu (8/12/2019). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Warga dari dua Kecamatan di Dusun Cinutug, Desa Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kompak memperbaiki saluran irigasi Nanggela, Minggu (08/12/2019). 

Ucup, salah seorang warga mengatakan, air yang bersumber dari irigasi Nanggela dipergunakan untuk mengairi areal pertanian di dua Kecamatan.

“Airnya nantinya dipergunakan untuk sawah-sawah di dua kecamatan, sehingga dalam pengerjaannya pun, masyarakat dari Desa Salakaria, Kecamatan Sukadana ikut terlibat,” ujar Ucup.

Menurut Ucup, saluran irigasi Nanggela yang berada di daerah Lampingkuya, Blok Dusun Cinutug, RT 04 RW 07, terpaksa harus dialihkan.

“Beberapa waktu lalu sempat terbawa arus longsor, makanya terpaksa alirannya itu dialihkan,” kata Ucup.

Hal senada disampaikan Sahri, Kasi Pemerintahan Desa Selacai, menjelaskan, saluran irigasi terpaksa harus dialihkan.

“Waktu terjadi longsor beberapa bulan lalu irigasi Nanggela mengalami kerusakan sangat parah. Longsornya itu mencapai kurang lebih 70 meter,” terang Sahri.

Lanjut Sahri, air dari saluran irigasi tersebut diperuntukan untuk tiga desa, oleh karena itu pengerjaannya pun melibatkan warga di Desa Selacai, Desa Mekarsari dan Desa Salakaria Kecamatan Sukadana.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat pengerjaannya dapat segera terselesaikan. Sehingga di musim penghujan saluran irigasi ini sudah dapat kembali berfungsi,” katanya.

Sahri menambahkan, pengalihan saluran irigasi Nanggela masih dilakukan di lokasi yang dekat dengan aliran sebelumnya. Hanya saja dialihkan ke tempat yang  kontruksi tanahnya dianggap stabil. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...