Warga Kota Banjar Ingin Penerangan di Kawasan Jalan Perhutani

Penerangan Jalan Perhutani
Pintu masuk Dusun Cigadung, Desa Karyamuti, Kecamatan Pataruman, ke arah kawasan jalan Perhutani, Gunung Sangkur, Kota Banjar. Foto:Muhlisin/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Warga Desa Karyamuti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, mengiginkan adanya lampu penerangan jalan umum (PJU) di kawasan jalan Perhutani, tepatnya di Dusun Cigadung, Desa Karyamukti.

Akses penghubung Desa Karyamuti dengan wilayah perkotaan di Kota Banjar itu saat malam hari kondisinya sangat gelap, sehingga mengkhawatirkan keamanan bagi warga yang lewat.

Suparman (70), tokoh masyarakat setempat, mengatakan, akses jalan Perhutani tergolong ekstrem dan rawan kejahatan mauun kecelakaan, apalagi banyak jalan menanjak dan tikungan. Ketika tidak ada penerangan tentu bisa membahayakan.

“Pakai penerang dengan sistem tenaga surya juga tidak apa-apa, yang penting ada lampu penerang,” ungkap Suparman, kepada Koran HR, usai menghadiri acara jaring aspirasi di Desa Karyamuti, Senin (09/12/2019).

Rodili, dari Komunitas Pemuda Cigadung, menambahkan, keberadaan penerang jalan itu merupakan kebutuhan masyarakat yang melewati kawasan hutan untuk kenyamanan pengguna jalan, terutama saat malam hari.

Meski selama ini jarang terjadi tindakan kriminal di kawasan tersebut, namun menurut Rodili, sebagai bentuk antisipasi mestinya perlu difasilitasi PJU, minimal bisa mengurangi rasa kekhawatiran masyarakat.

“Ini kan jalan terobosan akses ke kota. Kalau ada kebutuhan malam hari masa harus memutar lewat jalur Desa Kujangsari, Citangkolo, kan jadi jauh. Makanya perlu ada lampu penerang,” harapnya. (Muhlisin/Koran HR)

Loading...