Warga Minta Pohon Besar di Jalur Protokol Ciamis Dipangkas

Pohon Besar dipangkas
Pohon tumbang di Desa Pamalayan Ciamis beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga meminta Badan Penanggulangan Bencana Alam (BPBD) dan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis melakukan pemangkasan pohon besar di jalur protokol Kota Ciamis.

Pasalnya, pohon itu berpotensi membahayakan jika terjadi hujan yang disertai angin kencang. Hujan dan angina kencang seringkali membuat pohon trembesi mudah patah, terlebih kondisi pohon sudah besar.

Faris Soufa, warga Cijeungjing, ketika ditemui HR, Senin (09/12/2019), mengatakan, karena sekarang memasuki musim penghujan, jelas harus ada penanganan dari pihak pemeritnah terhadap keberadaan pohon di pinggir jalan raya.

“Jangan sampai kejadian terulang, ketika banyak pohon trembesi patah, saat terjadi hujan angin. Seperti kejadian kemarin, sepanjang jalur Cijeungjing banyak pohon trembesi tumbang dan mengakibatkan arus lalu lintas terganggu,” ungkapnya.

Menurut Faris, saat ini jika dilihat sepanjang jalur di Kota Ciamis dari mulai tugu perbatasan Banagara dan tugu perbatasan Cijeungjing, kiri dan kanan jalan ditumbuhi pohon trembesi hasil penghijauan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Memang bagus dengan adanya penghijauan di jalur perkotaan Ciamis. Akan tetapi sekarang kondisi pohon trembesi sudah besar-besar, sehingga perlu pemangkasan supaya jika terjadi seperti hujan lebat dengan angin kencang, pohon tersebut tidak menggangu arus lalu lintas.

“Apabila pohon yang dahannya menutupi jalan dipangkas sebelum terjadi hujan angin, hal tersebut bisa mengantisipasi kejadian robohnya dan patahnya dahan yang membahayakan pengguna jalan,” katanya

Jangan sampai, kata Faris, akibat tidak diantisipasi dan hujan angin terjadi, pohon trembesi semuanya tumbang ke jalan. Bahkan bisa saja menyebabkan kecelakaan kendaraan ketika melintas saat hujan turun tiba-tiba.

Menurut dia, untuk mengatisipasi terjadinya pohon tumbang, alangkah baiknya Pemerintah Kabupaten Ciamis segera melekukan pemangkasan pohon besar yang ada di pinggir jalan. Bukan hanya pohon trembsi, melainkan juga pohon angsana yang berada di Jalan Iwa Kusuma Somantri.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis, Toto, ketika ditemui HR, mengatakan, untuk melakukan pemangakasan pohon pihaknya akan melihat dulu kondisi pohon tersebut.

“Kami sudah merencanakan untuk melakukan pemangkasan pohon, khususnya di jalur utama Kota Ciamis. Ini untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang, terlebih sekarang sering terjadi hujan yang disertai angin kencang,” katanya. (Es/Koran HR)

Loading...