Warna Langit di Planet Lain, Apakah Biru Seperti di Bumi?

Warna Langit di Planet Lain
Ilustrasi warna langit. Foto: Istimewa

Warna langit di planet lain apakah biru seperti Bumi? Pertanyaan seperti ini tentu bukan hal yang asing lagi didengar. Meski sudah familiar dengan pertanyaan tersebut, namun masih saja ada yang mempertanyakannya.

Seperti yang diketahui, langit di Bumi akan berwarna biru saat siang hari, sementara malam harinya akan tampak berwarna gelap.

Pergantian siang dan malam ini tentu bukan Bumi saja yang mengalaminya, akan tetapi juga planet lainnya yang ada di tata surya.

Semua planet yang ada di tata surya apakah memandang langit yang sama atau berbeda? Dimana hal ini akan menjawab bagaimana tampilan warna langitnya.

Jika anda juga merasa penasaran dengan warna langit yang ada di planet lainnya, langsung saja anda simak ulasan di bawah ini.

Mengapa Langit Bumi Berwarna Biru?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penampakan warna langit di planet lain, ada baiknya jika mengetahui penjelasan mengapa langit Bumi berwarna biru.

Untuk diketahui, warna biru yang dimiliki planet Bumi berasal dari sinar matahari. Jika dilihat sekilas, cahaya matahari tampak berwarna putih.

Padahal perlu anda pahami bahwa warna yang dihasilkan dari cahaya matahari sangat beragam karena mencangkup semua warna pelangi.

Adapun salah satu warna yang terkandung di dalam cahaya matahari yaitu biru. Cahaya biru ini memiliki panjang gelombang yang lebih pendek. Dimana hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap warna langit di planet lain.

Selain itu, cahaya biru ini juga tersebar lebih banyak jika dibandingkan dengan cahaya lainnya yang mempunyai panjang gelombang lebih panjang.

Saat cahaya matahari melewati lapisan atmosfer Bumi, warna biru ini akan menyebar ke segala arah karena ada molekul kecil dari udara.

Hamburan cahaya biru ini akan bercampur sehingga langit tampak berwarna biru sebagaimana yang kita amati selama ini.

Warna Langit di Planet Lain

Setelah terjawab bagaimana bisa langit di Bumi berwarna biru, kini saatnya anda tahu bagaimana penampakan warna langit yang ada di planet lainnya. Berikut ulasannya.

Merkurius

Di tata surya, planet yang satu ini jaraknya paling dekat dengan matahari. Berbeda dengan langit Bumi yang berwarna biru, planet Merkurius mempunyai langit yang warnanya hitam dan gelap.

Dengan warna langit di planet lain tersebut, bisa dibayangkan jika manusia tinggal disana. Semuanya akan tampak gelap dan seperti malam terus.

Penampakan langit gelap di Merkurius ini sendiri bukan tanpa alasan. Diketahui bahwa Merkurius tak memiliki atmosfer seperti Bumi.

Tanpa adanya atmosfer, sulit bagi Merkurius untuk menghamburkan sinar matahari. Bisa disimpulkan bahwa langit gelap di Merkurius terjadi karena tak terjadi penghamburan cahaya matahari.

Venus

Sama seperti Bumi, planet Venus memiliki atmosfer. Meski begitu, langit di Venus tak berwarna biru seperti halnya langit di Bumi.

Diketahui bahwa planet Venus justru berwarna oranye kemerah-merahan. Pada dasarnya, hal tersebut terjadi karena atmosfer di planet Venus sangat tebal.

Warna langit di planet lain ini mengingatkan kita dengan kondisi langit di Bumi saat menjelang terbit dan tenggelamnya matahari.

Mars

Pembahasan mengenai planet Mars selalu menarik untuk dicermati. Sebagaimana yang kita tahu, planet Merah ini sering disebut sebagai hunian manusia di masa depan.

Namun hal tersebut tentu saja masih menjadi perkiraan dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut dengan proses yang panjang. Pasalnya, kondisi planet Mars saat ini bisa dibilang ekstrim sehingga tak mampu menunjang kehidupan manusia.

Terlepas bisa atau tidaknya dihuni manusia, fakta soal warna langit di sejumlah planet, tak terkecuali Mars, sangat menarik untuk diketahui. Sama seperti Bumi dan Venus, planet Mars juga memiliki atmosfer.

Bedanya, atmosfer di planet ini cenderung tipis. Selain itu, planet ini juga mengandung 3% nitrogen, 1,6% argon, 95% karbon dioksida, oksigen, dan air.

Dengan kondisi atmosfer tersebut, warna langit di planet Mars jauh berbeda dengan langit di Bumi. Planet ini memiliki langit yang berwarna kecoklatan.

Selain beberapa planet di atas, warna langit di planet lain tampak seperti langit di Bumi. Sebut saja Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus. Namun tak sepenuhnya sama, hanya mirip. (R10/HR-Online)

Loading...