Waspadai Penyebab Mimisan pada Anak Sebelum Terlambat

penyebab mimisan pada anak
Penyabab mimisan pada anak yang harus diwaspadai. Foto: Ist/Net

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab mimisan pada anak. Namun orang tua sebaiknya tidak menganggap remeh saat terjadi mimisan pada anak karena bisa jadi ini berhubungan dengan penyakit yang berbahaya.

Mimisan merupakan kondisi saat hidung seseorang mengeluarkan darah. Kondisi ini bisa terjadi akibat benturan saat sedang main, karena alergi debu, ataupun karena anak memasukkan jari dan melukai bagian rongga hidung.

Mimisan sebenarnya merupakan hal lumrah dan bisa terjadi pada siapa saja, tak hanya pada anak-anak. Gejala ini terjadi karena pembuluh darah di dalam hidung pecah sehingga darah keluar melalui lubang hidung.

Ada berbagai penyebab mimisan pada anak maupun orang dewasa yang umum terjadi. Diantaranya karena mengorek atau membuang ingus terlalu keras, karena kecelakaan, maupun karena adanya perubahan tekanan udara.

Selain itu mimisan juga bisa terjadi karena penggunaan obat – obatan ataupun akibat dari suatu penyakit dan kondisi tubuh tertentu. Nah, jika mimisan terjadi karena penyakit dan kondisi tubuh tertentu inilah yang patut diwaspadai.

Penyebab Mimisan Pada Anak yang Harus Diwaspadai

Jika penyebab mimisan pada anak karena faktor eksternal mungkin merupakan hal yang lumrah. Namun anda sebaiknya waspadai jika gejala mimisan ini terjadi akibat penyakit tertentu berikut ini.

Penyakit Demam Berdarah

Serangan demam berdarah akan menyebabkan penderitanya mengalami pendarahan. Penyakit ini juga sering memberikan tanda berupa mimisan dengan keluarnya darah melalui lubang hidang.

Salah satu bentuk penanganan saat mimisan ini terjadi adalah dengan memberikan istirahat yang cukup. Selain itu anda juga perlu memberikan asupan makanan untuk meningkatkan jumlah trombosit tubuh.

Hemofilia

Penyebab mimisan pada anak juga bisa karena hemofilia. Ini terjadi karena sistem pembekuan darah dalam tubuh mengalami kelainan. Penyebab utama hemophilia karena faktor keturunan sehingga orang tua perlu mengenali riwayat penyakit keluarga.

Salah satu cara mencegah mimisan pada anak karena hemophilia adalah dengan memberikan asupan makanan yang tinggi zat besinya. Ini sangat berguna untuk melancarkan proses pembekuan darah.

Penyakit Leukemia

Gejala leukemia atau kanker darah salah satunya adalah dengan keluarnya darah melalui hidung atau mimisan. Penyakit ini termasuk sangat berbahaya yang harus segera ditangani dengan tepat.

Jika penyebab mimisan pada anak bukan karena benturan atau kecelakaan sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikannya. Penanganan yang cepat dan tepat dapat menghindarkan anak dari akibat yang buruk.

Tumor atau Kanker

Jika ada tumor yang menyerang dan menekan bagian nasofaring atau sekitar hidung juga bisa menyebabkan terjadinya mimisan. Penyakit ini disebabkan virus yang berkembang menjadi tumor yang berbahaya.

Untuk penganganan jika anak mengalami kondisi semacam ini tentunya harus segera diperiksakan ke dokter. Kalangan medis mungkin akan melakukan operasi untuk mengangkat tumor yang ada.

Psikosomatis

Penyebab mimisan pada anak juga bisa karena faktor psikosomatis. Bukanlah hal yang mudah untuk mengenali faktor psikologis yang menyebabkannya. Sebagai orang tua anda harus lebih mengenal anak dengan lebih dekat.

Gejala psikosomatis yang biasanya terjadi diantaranya karena rasa cemas berlebihan yang dialami anak maupun karena stress atau depresi. Salah satu cara mengatasinya dengan menenangkan kejiwaan anak ataupun mengajak traveling agar lebih rileks.

Penanganan Mimisan

Selain berbagai jenis penyakit berbahaya yang telah disebutkan di atas, penanganan yang tepat saat anak mengalami mimisan merupakan langkah yang wajib dilakukan para orang tua.

Beberapa faktor lain yang juga bisa menyebabkan mimisan diantaranya karena terjadinya iritasi ataupun karena alergi yang dialami anak. Namun pemeriksaan dan diagnosis dokter yang tepat tentunya diperlukan untuk memastikan penyebabnya.

Itulah sejumlah penyebab mimisan pada anak yang sebaiknya dikenali dan diwaspadai para orang tua. Mimisan tak selalu karena benturan atau faktor dari luar saja namun juga bisa karena gejala penyakit lainnya. (R9/HR-Online)