Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita PangandaranWisata di Pangandaran Selain Pantai? Nikmati Eksotisme Goa-goa di Desa Bagolo

Wisata di Pangandaran Selain Pantai? Nikmati Eksotisme Goa-goa di Desa Bagolo

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),Kabupaten Pangandaran sudah lama terkenal karena wisata pantainya. Namun ternyata ada juga wisata di Pangandaran selain pantai. Salah satunya adalah goa-goa eksotis yang berada di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Desa Bagolo ini ternyata memiliki beberapa spot wisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu yang sudah dikenal wisatawan adalah Pantai Karapyak.

Namun selain pantai, Desa Bagolo juga menyimpan keindahan lainnya. Salah satunya goa-goa yang bisa Anda telusuri saat berlibur ke Pangandaran.

Romli, warga Desa Bagolo, mengatakan, di desanya, wisatawan bukan hanya bisa menikmati laut dan hamparan karang di Pantai Karapyak saja. Namun wisatawan pun bisa mendatangi beberapa wisata di Pangandaran selain pantai, yakni goa-goa eksotis di Desa Bagolo.

“Goa-goa yang ada di Desa kami ini masing-masing memiliki ciri khas. Selain itu goa-goa ini juga memiliki cerita unik,” kata Romli kepada HR Online, Kamis (19/20/2019)

Goa yang bisa dinikmati oleh para wisatawan di Pangandaran, adalah Goa Parat, Goa Lalay, Goa Dompet dan Goa Tewon.

“Kedalaman goa ini masing-masing bervariatif ada yang sampai 25 meter,” kata Romli.

Salah satu goa di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Entang/HR

Kata dia, salah satu wisata di Pangandaran selain pantai ini, memiliki stalaktit dan stalagmit yang indah. Bahkan Goa Tewon menurut kepercayaan warga Desa Bagolo, tetesan air dari batu stalaktitnya bisa menyembuhkan penyakit mata.

“Itu kepercayaan warga sini, katanya tetesan air dari batu di goa Tewon bisa menyembuhkan penyakit mata,” terang Romli.

Ada Tempat Wisata Mirip Uluwatu Bali

Sementara itu, selain menikmati eksotisme goa-goa tersebut, wisata di Pangandaran selain pantai yang ada di Desa Bagolo adalah wisata bernama Gebang Rubuh dan Gebang Sawit.

Romli bahkan menyamakan keindahan kedua obyek wisata tersebut dengan tempat wisata di Uluwatu Bali.

“Ya tidak ada salahnya, kalau wisatawan datang dan merasakan sendiri sensasi berlibur di Desa Bagolo ini, selain Pantai Karapyak yang sudah dikenal, ada juga goa-goa indah yang bisa ditelusuri,” katanya.

Itulah wisata di Pangandaran selain pantai, sudah siap berlibur? (Entang/R7/HR-Online)

- Advertisment -