3 Sarang Tawon Vespa Bahayakan Warga, Damkar Banjar Kembali Turun Tangan

Tawon Vespa Affinis
Petugas Damkar Banjar saat membasmi sarang tawon vespa affinis di salah satu rumah warga. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- UPTD Damkar Kota Banjar kembali berhasil menangani sarang tawon vespa affinis yang bersarang di rumah warga. Bahkan, dalam semalam di tiga lokasi berhasil dibasmi.

Kepala UPTD Damkar Kota Banjar, Aam Amijaya, mengatakan, pihaknya pada pukul 23.00 WIB, Selasa (21/01/2020) malam kemarin, telah membasmi 3 sarang tawon di tempat yang berbeda, yakni di kawasan Pintu Singa Banjar, Desa Kujangsari dan Desa Langensari.

Menurutnya, penanganan sengaja dilakukan pada malam hari agar lebih mudah. Sebab, pada siang hari tawon yang biasa disebut tawon ndas itu sangat aktif dan agresif.

“Proses penanganan kemarin alhamdulillah cukup lancar, meski ada sarang yang cukup sulit karena posisinya di atap yang mana terbuat dari baja ringan. Itu kita selesai sekitar pukul 01.30 WIB dini hari,” kata Aam kepada HR Online, Rabu (22/1/2020).

Aam menambahkan, pihaknya selama ini terhitung sudah menangani sebanyak 38 sarang tawon di rumah warga. Sedangkan di bulan Januari ini sudah berhasil menangani 10 sarang yang mayoritas di rumah dan pepohonan.

Menurut Aam, faktor ilkim di Indonesia adalah salah satu penyebab kenapa tawon tersebut terus berdatangan dan berkembang biak dengan baik. Cuaca yang lembab dan cukup dingin membuat tawon-tawon tersebut betah.

“Karena di kita iklimnya tropis, cocok buat mereka. Jadi pada betah di kita itu. Kalau warga ada yang ingin melaporkan masalah tawon vespa, silakan hubungi saja agar ditangani dengan baik, ” ujarnya. (Rizki/R6/HR-Online)

Loading...