Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita CiamisAkses Cikupa-Kawali Ciamis Lumpuh Akibat Longsor

Akses Cikupa-Kawali Ciamis Lumpuh Akibat Longsor

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Hujan deras yang terjadi pada Minggu malam, (19/01/2020), mengguyur wilayah Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis. Kondisi itu mengakibatkan akses jalan Cikupa-Kawali dan listrik lumpuh total lantaran tertimbun material longsor.

Kepala Dusun Kertaharja, Hanapi, Senin (20/01/2020), membenarkan, hujan deras yang terjadi pada Mingggu malam menyebabkan tebing yang berada di Blok Lamping, Dusun Kertaharja, longsor.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, kata Hanapi, longsornya tebing tersebut mengakibatkan akses jalan Cikupa menuju Kawali lumpuh total, sebab tertimbun material longsor.

Menurut Hanapi, selain lumpuhnyanya akses jalan, juga mengakibatkan tiang listrik bertegangan tinggi milik PLN roboh, sehingga listrik pun mati total. Ambruk atau longsornya tebing diperkirakan terjadi sekitar pukul 20.00 WIB atau setelah hujan deras reda.

Hanapi menambahkan, meski kerugian belum bisa dihitung namun dampak longsor tebing tersebut bisa diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Ustad Asna, warga setempat, mengatakan, terjadinya longsor dipicu oleh hujan yang terjadi pada Minggu malam, (19/01/2020). Asna menjelaskan, ketinggian material longsor lebih dari 4 meter, sehingga untuk menyingkirkannya diperlukan alat berat.

Menurutnya, agar material longsor dapat cepat disingkirkan dan akses jalan bisa kembali normal, mau tidak mau dalam mengevakuasi material longsor harus menggunakan alat berat.

“Kalau hanya mengandalkan tenaga masyarakat, pengerjaannya akan memakan waktu lama. Terlebih, material longsor bukan hanya tanah, akan tetapi pepohonan juga tiang listrik milik PLN,” katanya.

Ajid, warga sekitar, mengatakan, dengan adanya longsor tersebut, akases jalan Cikupa-Kawali tertutup total. Untuk masyarakat yang mau bepergian, terpaksa harus menggunakan jalan alternatif, jalan menuju Kecamatan Lumbung.

Lanjut Ajid, timbunan material selain tebal dan tinggi, juga sangat panjang. Bila tidak secepatnya dievakuasi dapat dipastikan akses jalan dan listrik akan lumpuh total dalam waktu yang lama. (Dji/Koran HR)

- Advertisment -