Anak Kecanduan Game Online, Begini Solusi Mengatasinya

Anak Kecanduan Game Online
Ilustrasi Anak Kecanduan Game Online. Foto: Net/Ist

Anak kecanduan game online menjadi masalah besar bagi sebagian orang tua. Anak yang kecanduan permainan di smartphone maupun di PC ini, tidak sedikit pula yang justru memanfaatkan untuk kreativitas.

Dengan segala kekurangan dan kelebihannya, bermain game online tidak berdampak buruk bila dimainkan sesuai dengan usianya, serta mendapatkan pengawasan dan pengarahan dari orang tua.

Untuk mengatasi anak-anak yang sudah terlanjur kecanduan permainan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua agar anaknya tidak merasa tertekan karena aktivitas mereka dibatasi.

Solusi Anak Kecanduan Game

Sebagian orang tua memang menginginkan agar anaknya bisa terpantau dengan baik. Namun tidak sedikit yang justru kurang tepat, seperti memberikan fasilitas smartphone agar anaknya betah di rumah.

Padahal, memberikan ruang kepada anak untuk bersosialiasi dengan teman sebayanya juga efeknya sangat baik. Maka dari itu, solusi agar anak tidak kecanduan bermain game di antaranya:

Memberikan Batasan Waktu

Seorang anak kalau sudah terlanjur suka, ia akan menghabiskan waktunya untuk melakukan apa yang ia sukai. Namun itu jadi kabar buruk bila dibiarkan bermain game yang tidak ada batasnya.

Untuk langkahnya, orang tua harus bisa membatasi mereka bermain game, bisa 1 hingga 2 jam dalam sehari. Anda juga bisa memberikan kesempatan setelah mereka balajar atau mengerjakan tugas sekolah.

Diskusi Orang Tua dan Anak

Selain membatasi, mengatasi anak kecanduan game selanjutnya memastikan hubungan orang tua dan anak juga diharapakan tetap terjaga dengan baik.

Melalui diskusi berbagai hal, baik masalah kekurangan orang tua yang harus diperbaiki demi anak, atau pun memberikan anak untuk menyampaikan pendapat, biasanya akan memberikan kesan tersendiri bagi anak.

Bahkan cara ini justru lebih menyenangkan bagi anak. Dampaknya tentu saja mereka bisa mengurangi bermain game online.

Menemani Bermain Game

Apabila Anda memiliki kesempatan untuk bermain, ikutlah bermain dengan anak, agar tahu permainan apa yang sedang dimainkan. Gali lah permainannya agar kita bisa mengukur, apakah itu bahaya atau tidak untuk perkembangan anak.

Dari ini, kita akan tahu apakah game tersebut terdapat unsur konten dewasa atau kekerasan. Apabila ada, kita bisa berikan permainan alternatif.

Menyediakan Waktu Bersama Anak

Memiliki waktu berkualitas untuk sekedar berbincang-bincang dengan anak-anak, jalan-jalan maupun liburan menjadi cara cukup ampuh untuk anak kecanduan game.

Orang tua harus punya inisiatif jangan sampai anaknya sendirian ditemani TV, Smartphone atau pun komputer. Artinya, pengawasan dari orang tua sangat penting.

Manfaatkan Game untuk Pembelajaran

Tidak semua game itu buruk, namun tinggal kreativitas kita dalam memberikan pemahaman yang baik kepada anak.

Melalui game anak juga bisa belajar banyak tentang segala sesuatu. Maka sudah seharusnya orang tua dapat mengarahkan game apa saja yang dapat dimainkan oleh anak dan memberikan penjelasan yang baik.

Beberapa langkah agar anak kecanduan game online bisa diatasi tersebut, pada prinsipnya peran orang tua sangat besar dalam mengawasi anaknya. Termasuk dukungan lingkungan sangat penting bagi seorang anak. (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...