Ancaman Gempa Bumi dan Potensinya untuk Beberapa Tahun Kedepan

Ancaman Gempa Bumi
Ilustrasi Potensi dan Ancaman Gempa Bumi. Foto: Istimewa

Ancaman gempa bumi memang harus diwaspadai mulai dari sekarang. Mengingat banyak sekali kejadian gempa bumi yang berpotensi tsunami.

Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai daerah. Bahkan di setiap negara juga memiliki ancaman gempa dengan potensi yang berbeda-beda.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan gempa. Oleh karena itu, hal tersebut harus diwaspadai oleh banyak orang.

Ancaman Gempa Bumi di Tahun 2020

Gempa bumi sendiri tidak datang secara terjadwal. Artinya, gempa tidak bisa diprediksi meskipun menggunakan alat.

Walaupun bisa diprediksi, namun potensi gempa tidak memiliki kepastian yang jelas. Banyak contoh gempa yang tidak memberikan tanda-tanda dan langsung menjadi tsunami.

Seperti beberapa gempa yang telah terjadi di Indonesia. Hampir semua gempa yang ada di Indonesia menimbulkan banyak sekali kerusakan.

Tidak heran jika ancaman gempa bumi memang perlu diwaspadai. Terlebih lagi dengan potensi gempa bumi yang bisa menimbulkan kerusakan parah.

Banyak ilmuwan yang mulai meneliti tentang potensi gempa bumi. Lebih tepatnya adalah ancamannya untuk beberapa tahun kedepan.

Mengingat bumi sudah semakin tua dan gempa tidak bisa diprediksi secara langsung. Oleh karena itu, diperlukan kewaspadaan para umat manusia.

Kekuatan gempa juga diperkirakan semakin meningkat. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya gempa yang sudah terjadi.

TCL

Sebelumnya kekuatan gempa hanya berkisar pada angka 7 magnitudo. Namun kini kekuatan gempa semakin besar dan meningkat.

Ancaman gempa bumi pun ikut meningkat. Oleh karena itu, para masyarakat harus waspada akan adanya gempa bumi.

Ada beberapa hal yang memang menjadi faktor dari gempa bumi. Diantaranya adalah perputaran bumi atau rotasi yang semakin lemah.

Hal ini menjadi salah satu faktor utama dari terjadinya gempa bumi. Banyak peneliti yang sudah mengungkapkan bahwa faktor rotasi yang memicu gempa.

Ancaman Gempa Bumi Bagi Umat Manusia

Dari faktor rotasi bumi, dapat dilihat bahwa gempa akan sering terjadi. Melemahnya rotasi ini bisa dibilang sebagai pemicu utama gempa.

Salah seorang ilmuwan bernama Roger Bilham mengungkapkan bahwa ada indikasi bencana alam. Bahkan bencana alam tersebut tergolong besar akibat melemahnya rotasi bumi.

Beberapa ilmuwan juga telah melakukan kerja sama untuk meneliti gempa bumi. Lebih tepatnya adalah tanda-tanda gempa bumi yang nantinya akan terjadi.

Dalam penelitian ilmuwan Bilham tersebut, disebutkan bahwa ada 30 kejadian gempa bumi. Kejadian tersebut dihitung dalam kurun waktu satu tahun.

Hal tersebut juga memberikan tanda bahwa ancaman gempa bumi cukup besar. Potensi kerusakan juga sangat besar.

Potensi gempa bumi juga karena faktor umur bumi yang sudah menua. Apalagi dengan banyaknya kerusakan yang dilakukan oleh manusia.

Belum lagi karena beberapa faktor alam yang memicu gempa. Seperti gunung meletus atau pergeseran lempeng tektonik.

Hal tersebut juga memicu terjadinya gempa bumi. Bahkan tanpa disadari gempa bumi akan terjadi dalam kurun waktu yang dekat.

Inilah yang membuat potensi gempa bumi semakin besar. Mengingat gempa bumi akan menimbulkan kerusakan yang sangat parah.

Belum lagi jika terjadi beberapa gempa susulan yang lebih parah. Karena gempa tidak bisa diprediksi kepastian dan kejelasannya.

Namun gempa hanya bisa diprediksi potensinya. Apakah ada kemungkinan tsunami atau tidak.

Ancaman gempa bumi ini masih akan diteliti lebih lanjut. Apalagi dengan adanya beberapa faktor pemicu yang begitu kuat.

Pelemahan rotasi ini juga salah satu pemicu gempa. Namun hal tersebut perlu diwaspadai oleh manusia.

Pelemahan rotasi ini terjadi karena adanya energi yang tidak stabil pada bumi. Hal ini membuat tonjolan pasang surut di sekitar bulan.

Oleh karena itu, rotasi juga semakin melambat. Kemudian potensi gempa semakin meningkat.

Tonjolan inilah yang nantinya memperlambat rotasi. Kemudian bencana alam akan semakin sering terjadi.

Termasuk bencana alam yang berkaitan dengan gempa. Bahkan hal ini juga akan berdampak pada orbit Bumi.

Salah satu ahli Fisika Worski mengungkapkan bahwa bencana alam sangat berpotensi. Potensinya diperkirakan dalam waktu dekat ini.

Perkiraan ini juga disampaikan oleh beberapa ilmuwan lainnya. Hal ini menjadi sebuah ancaman dan juga peringatan bagi penduduk bumi.

Tidak heran jika ancaman gempa bumi memerlukan kewaspadaan yang serius. Apalagi faktor pemicunya sudah diketahui. (R10/HR-Online)

Loading...