Antisipasi Banjir, DPUPRP Kabupaten Ciamis Lakukan Normalisasi Sungai Cimantri

Normalisasi Sungai Cimantri
Kepala DPUPRP Kabupaten Ciamis memantau pelaksanaan normalisasi saluran Sungai Cimantri, di Dusun Sindanghayu, Desa Sindanghayu, Kecamatan Banjarsari, Rabu (08/01/2020). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melakukan normalisasi Sungai Cimantri, di Dusun Sindanghayu, Desa Sindanghayu, Kecamatan Banjarsari, Rabu (08/01/2020).

Kepala DPUPRP Kabupaten Ciamis, Aef Safuloh mengatakan, kegiatan normalisasi sungai tersebut untuk mengatasi terjadinya banjir di wilayah Kecamatan Banjarsari, akibat adanya penyumbatan sungai yang terjadi di jembatan Cimantri ini.

“Maka dari itu kami dari DPUPRP kabupaten Ciamis sejak Selasa malam (7/1/2020), sudah melakukan pengerukan menggunakan eskapator kecil,” katanya.

Namun, lanjutnya, akibat banyaknya tumpukan sampah di sungai tersebut, maka pihak DPUPRP Ciamis melanjutkan dengan menerjunkan eskapator besar.

Lebih lanjut Aef mengatakan, saluran Sungai Cimantri merupakan salah satu saluran pembuangan air dari wilayah Banjarsari, Ciherang Cibadak dan sekitarnya, yang mengalami penyumbatan akibat banyaknya sampah.

“Terutama wilayah pasar yang notabene banyak sampah yang terbawa air hingga menyumbat di bawah jembatan ini. Sehingga kita PUPR ambil langkah untuk antisipasi terjadinya banjir,” tuturnya.

Sebelum melakukan normalisasi saluran Sungai Cimantri, Kadis PUPR didampingi Kepala UPTD PUPR Wilayah Banjarsari, Suparman, Camat Banjarsari Dedy Mudyana serta Babinkamtibmas, Babinsa dan pemerintah desa setempat, bersama-sama melakukan penanganan banjir sekaligus sosialisasi kepada masyarakat, agar lebih meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan terutama soal sampah.

Camat Banjarsari mengimbau kepada masyarakat, agar lebih meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan.

Dedi pun mengajak kepada seluruh warga Kecamatan Banjarsari, untuk berperilaku sehat dan jangan membuang sampah sembarangan, terutama ke wilayah sungai yang akibatnya berdampak terhadap datangnya banjir.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Ciamis dan Kepala Dinas PUPR, atas respon yang cepat dalam upaya penanganan banjir di wilayah Kecamatan Banjarsari,” katanya.

Sebelumnya, akibat terjadinya penyumbatan sampah yang terjadi di jembatan Cimantri Sindanghayu, membuat ratusan rumah di Dusun Kubangpari, Desa Ciherang, tergenang banjir.

Hal itu disebabkan setelah saluran anak sungai Cikawasen yang masuk ke sungai Cimantri meluap. (Suherman/R5/HR-Online)

Loading...