Aplikasi CCTV untuk Android, Bisa Pantau Keamanan Rumah dari Jauh

Aplikasi CCTV untuk Android bisa kamu gunakan sebagai pemantau keamanan rumah dari jarak jauh
Aplikasi CCTV untuk Android bisa kamu gunakan sebagai pemantau keamanan rumah dari jarak jauh. Photo: Net/Ist.

Aplikasi CCTV untuk Android bisa kamu gunakan sebagai pemantau keamanan rumah dari jarak jauh. Dengan aplikasi CCTV untuk Android, kamu tak perlu khawatir lagi saat pergi meninggalkan rumah.

Ketika meninggalkan rumah, apalagi dalam waktu yang cukup lama biasanya hal yang membuat khawatir adalah rumah dimasuki maling.

Mungkin dengan menitipkan rumah kepada orang terdekat yang bisa dipercaya atau ke tetangga menjadi alternatif bagi sebagian orang.

Tapi, kejahatan bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu, tanpa kita duga sebelumnya.

Bahkan, orang yang kita percaya untuk menjaga rumah justru bisa menjadi korban jika terjadi perampokan.

Namun, di zaman modern ini kamu tak perlu khawatir lagi karena kini ada aplikasi CCTV rumah.

Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa tetap memantau kondisi rumah melalui smartphone kapan saja, meskipun sedang pergi jauh. Seperti dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Rekomendasi Aplikasi CCTV untuk Android

Alfred Home Security Camera

Aplikasi CCTV untuk Android bisa kamu gunakan sebagai pemantau keamanan rumah dari jarak jauh. Photo: Net/Ist.

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi pengintai keamanan di rumah yang tersedia untuk perangkat Android.

Dengan menggunakan Alfred Home Security Camera, kamu dapat memonitoring semua kegiatan di dalam ruangan atau rumah.

Jika terdeteksi ada gangguan atau penyusup di dalam rumah, maka aplikasi ini secara cepat akan mengirimkan laporan ke ponsel Android kamu.

Laporan berupa foto maupun video itu akan masuk ke smartphone dan tersimpan secara otomatis di dalam cloud.

Selain itu, aplikasi tersebut juga memiliki fitur unggulan, yakni streaming video secara live, meskipun kamu sedang berada di tempat yang jauh dari rumah.

Salient-Eye

Aplikasi CCTV untuk Android bisa kamu gunakan sebagai pemantau keamanan rumah dari jarak jauh. Photo: Net/Ist.

Rekomendasi aplikasi CCTV untuk Android berikutnya adalah Salient-Eye. Aplikasi ini paling simpel karena bisa langsung digunakan tanpa perlu sign-up (mendaftar) akun terlebih dahulu.

Salient-Eye juga memiliki fitur unggulan, seperti notifikasi berupa SMS, alarm dering, dan e-mail.

Aplikasi ini tetap bekerja memantau keadaan rumah meskipun layar smartphone Android dalam keadaan terkunci atau mati.

IP Webcam

Aplikasi CCTV untuk Android bisa kamu gunakan sebagai pemantau keamanan rumah dari jarak jauh. Photo: Net/Ist.

Aplikasi IP Webcam menjadi salah satu rekomendasi aplikasi CCTV untuk Android yang bisa kamu gunakan untuk memantau keamanan rumah.

Aplikasi ini tak kalah canggih dengan aplikasi anti maling lainnya, namun kamu harus download dulu aplikasi tambahan untuk bisa menggunakannya.

Karena penggunaannya sangat mudah, sehingga IP Webcam sudah diunduh 10 juta kali lebih oleh pengguna Android di seluruh dunia.

Adapun fitur yang ditawarkan oleh aplikasi IP Webcam ini diantaranya bisa meng-upload atau mengirim video ke Dropbox, FTP, SFTP, serta e-mail berikut Filoader Plugin.

Fitur lainnya adalah sensor gerak, deteksi suara, format-format rekaman video baik MPEG4, WebM, MKV, atau MOV, cloud, dan night vision.

WardenCam

WardenCam. Photo: Net/Ist.

Aplikasi CCTV yang selanjutnya ada WardenCam. Meski smartphone Android-mu masih versi lama, namun kamu tetap dapat memantau keadaan rumah dengan WardenCam.

Keunggulan dari aplikasi ini salah satunya bisa lancar digunakan di ponsel Android mulai versi 2.3 ke atas, terpenting koneksi internetnya lancar.

WardenCam akan secara otomatis mengirimkan foto, video, atau audio apabila ada sesuatu yang mencurigakan di kawasan rumah.

Keunggulan lainnya, aplikasi ini terintegrasi dengan Dropbox dan Google Drive untuk menyimpan semua file foto, video maupun audio.

AtHome Camera

AtHome Camera. Photo: Net/Ist.

Rekomendasi terakhir aplikasi CCTV untuk Android adalah aplikasi bernama AtHome Camera.

Selain mampu memonitoring keadaan rumah dari jauh, aplikasi anti maling ini memungkinkan kamu untuk memantau benda-benda yang ada di sekitar rumah.

Agar bisa menggunakan aplikasi AtHome Camera secara maksimal, terlebih dahuu kamu harus men-download aplikasi tambahannya, yakni AtHome Video Streamer.

Dengan adanya aplikasi tambahan maka kamu akan menerima laporan berupa foto, video, dan GIF bila ada orang atau hal-hal lain yang mencurigakan di dalam rumah.

Terlebih dalam aplikasi tersebut ada fitur canggih yang telah dilengkapi teknologi pengenalan wajah.

Selain itu, aplikasi AtHome Camera bisa menghasilkan foto dan video dengan jelas, meskipun dalam kondisi minim cahaya berkat adanya fitur Mode Night Vision. (Eva/R3/HR-Online)