Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruAplikasi Pantau Ketinggian Banjir Bermanfaat dan Perlu Dimiliki

Aplikasi Pantau Ketinggian Banjir Bermanfaat dan Perlu Dimiliki

Aplikasi pantau ketinggian banjir sedang banyak digunakan oleh beberapa orang. Hal ini dikarenakan awal tahun baru disambut dengan banjir bandang yang melanda banyak kawasan.

Termasuk ibu kota negara yang merupakan langganan untuk banjir. Banjir memang tidak bisa dicegah, namun bisa diatasi agar tidak semakin parah.

Banyak orang yang mulai menggunakan aplikasi untuk memantau banjir. Lebih tepatnya adalah aplikasi untuk memantau ketinggian banjir.

Aplikasi Pantau Ketinggian Banjir Bermanfaat

Kini bencana banjir telah melanda kawasan Jabodetabek. Kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi memang rawan banjir.

Kawasan ini memang sering tergenang banjir dari tahun ke tahun. Tidak heran jika musim penghujan selalu menjadi masalah yang begitu berat.

Apalagi beberapa sungai meluap dan tidak bisa dicegah. Hal ini akan memperburuk keadaan banjir.

Kini hadir sebuah aplikasi yang bisa digunakan oleh masyarakat. Aplikasi ini memang khusus digunakan untuk memantau banjir.

Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui ketinggian banjir saat itu. Aplikasi ini memang sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Aplikasi ini bisa diunduh dengan nama Pantau Banjir. Aplikasi Pantau Banjir ini dikembangkan langsung oleh Pemerintah Provinsi DKI.

Melalui aplikasi pantau ketinggian banjir ini masyarakat bisa mengetahui ketinggian banjir saat itu juga. Seperti yang diketahui bahwa banyak banjir yang terjadi dengan beragam ketinggian.

Ketinggian tertentu sudah bisa mendapat tanda siaga. Sehingga banjir bisa menjadi sangat berbahaya.

Oleh karena itu, banjir perlu dipantau secara terus menerus. Apakah semakin meningkat atau sebaliknya yaitu menyusut.

Kelebihan Aplikasi Pantau Ketinggian Banjir

Aplikasi yang dikembangkan oleh Pemprov DKI ini memang sangat bermanfaat. Banyak warga DKI yang telah menggunakan aplikasi ini.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa memantau ketinggian banjir yang terjadi. Tidak hanya ketinggian, tetapi juga kondisi banjirnya.

Banyak kelebihan yang bisa didapatkan oleh pengguna aplikasi ini. Salah satunya adalah kemudahan informasi. Kelebihan pertama dari aplikasi pantau ketinggian banjir ini adalah kemudahan info.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengetahui info ketinggian banjir saat itu. Sehingga pengguna bisa mengetahui langkah apa yang harus dilakukan pada saat banjir.

Terutama ketika ketinggian banjir semakin meningkat. Para pengguna aplikasi bisa langsung mengantisipasi dan melakukan tindakan pencegahan.

Aplikasi ini juga akan memberikan informasi mengenai banjir di setiap wilayah RW. Kemudian memberikan informasi tentang kesiagaan ketinggian banjir.

Secara tidak langsung aplikasi pantau ketinggian banjir ini membantu banyak masyarakat. Aplikasi ini hanya bisa digunakan pada smartphone Android saja.

Mengingat aplikasi ini dibuat dan dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Sehingga aplikasi ini belum bersifat menyeluruh.

Pantauan ketinggian banjir juga bisa dibagikan melalui platform media sosial. Sehingga akan ada update berita mengenai banjir di kawasan yang terendam banjir.

Kelebihan tersebut membuat banyak orang merasa terbantu. Aplikasi ini sangat bisa diandalkan.

Tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi ini. Terutama pada saat banjir terjadi dan situasi tidak membaik sama sekali.

Bisa Pantau Informasi Kondisi Banjir

Kelebihan selanjutnya yang bisa didapatkan adalah informasi mengenai kondisi banjir. Selain info mengenai ketinggian, pengguna bisa mendapat informasi lain.

Salah satunya adalah informasi mengenai kondisi banjir. Seperti yang diketahui bahwa kondisi banjir tidak menentu.

Terkadang sangat membahayakan dan terkadang hanya biasa saja. Banyak sungai yang meluap membuat banjir semakin besar.

Aplikasi pantau ketinggian banjir ini akan memberikan informasi mengenai kondisi banjir saat itu. Hal ini membuat pengguna lebih informatif dan selalu siaga.

Dengan begitu, masyarakat bisa bersiap untuk menyelamatkan diri. Hal ini juga akan membuat banyak orang lebih aman dan nyaman.

Beberapa kelebihan tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengguna aplikasi tersebut. Meskipun ketinggiannya berbeda, namun aplikasi ini akan tetap memberikan informasinya.

Informasi ini sangat penting untuk para masyarakat yang terkena dampak banjir. Terutama masyarakat yang berada di daerah Jabodetabek.

Seperti yang diketahui bahwa sejumlah kawasan Jabodetabek terendam banjir. Namun dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Hal ini membuat banyak masyarakat khawatir. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat dibutuhkan karena memang bermanfaat.

Aplikasi pantau ketinggian banjir ini bisa langsung diunduh di Android. Kemudian dimanfaatkan sebagaimana mestinya. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru