Asus ExpertBook B9450, Laptop Bisnis Ultra Ringan

laptop Asus ExpertBook B9450
Laptop Asus ExpertBook. Foto: Net/Ist

Asus ExpertBook B9450 merupakan laptop bisnis yang berbobot sangat ringan. Bobotnya kurang dari 1 kilogram atau lebih tepatnya 870 gram. Ketebalannya juga hanya 14,9 mm sehingga sangat ringan dan mudah untuk dibawa kemana saja.

Laptop juga tahan banting, guncangan, suhu ekstrim, air dan kelembaban, serta telah mempunyai sertifikat standar militer MIL-STD-810G. Laptop bisnis ultra ringan ini sangat trend saat dipamerkan pada CES 2020.

Spesifikasi Laptop Bisnis Asus ExpertBook B9450

Asus mengumumkan beberapa produk baru dalam ajang CES 2020. Salah satunya adalah Asus ExpertBook B9450. Laptop ini telah diklaim sebagai notebook yang paling ringan.

Saat memegang laptop hanya seperti membawa buku catatan yang tidak begitu berat. Berikut spesifikasi lengkap mengenai laptop tersebut.

Desain dan Layar

ExpertBook tidak mempunyai desain lingkaran konsentris seperti desain Asus biasanya. Pada bagian tengah tutup terdapat logo Asus.

Notebook ini tidak menaikkan dek keyboard sedikit miring saat membukanya sehingga akan lebih nyaman saat mengetik, seperti halnya pada Asus ErgoLift.

Kombinasi bahan dari magnesium dan lithium membuat bobotnya ringan, yakni hanya 870 gram. Magnesium aluminium alloy sudah umum digunakan sebagai material laptop.

Bahan Asus ExpertBook B9450 sangat ringan dan kuat. Dalam menghantarkan panas pun terbilang cukup baik. Namun, material ini sulit untuk diproduksi karena tidak stabil dan mudah untuk terbakar.

Untuk itu, dalam tahapan menutup layar membutuhkan 20 tahap produksi. Sementara pada body bawah memerlukan 21 tahap produksi.

Kesan seperti memegang pasir saat menggerakkan tangan akan terasa. Hal ini karena material bahan dipadukan dengan sentuhan matte yang glossy.

TCL

ExpertBook sangat cocok apabila dipakai untuk laptop bisnis karena mempunyai beberapa fitur keamanan. Fitur pembaca sidik jari dapat anda temukan di bawah keyboard pada sudut kanan.

Kemudian ada webcam fisik yang berguna untuk melindungi anda dari kemungkinan mengintip Tom. Apabila sudah terbuka, maka untuk login pengenalan wajah dapat menggunakan kamera IR melalui windows Hello.

Selain itu, juga ada fitur untuk fungsionalitas enkripsi yakni TPM 2.0. Dari segi dimensi yang setebal baterai AA dan setara kertas A4 tidak akan mengurangi daya tahan terhadap port yang ada.

Telah diuji standar militer sehingga daya tahan sudah dapat dipastikan sangat kuat. Adanya pengait tambahan akan memperkuat laptop.

Layar anti silau telah dihadirkan dengan luas 14 inci,  beresolusi Full HD 1920 x 1080. Detailnya sangat tajam dan tampak menarik.

Panel akan redup pada perkiraan 300 nits, terutama bila dibandingkan dengan 373-nit Dragonfly, 382-nit XPS 13 atau 408-nit MacBook Pro.

Layar masih dapat digunakan untuk melihat konten meskipun berada di bawah terik matahari. Karena lapisan Anti-Glare yang disematkan pada layar laptop ini.

Performa

Prosesor Intel Core i7-10510 Quad-Core atau Intel Core i5-10210 Quad-Core Generasi 10 akan membuat kinerja Asus ExpertBook B9450 semakin handal. Selain itu, juga lebih optimal saat menjalankan editor dokumen ataupun software bisnis.

Untuk penyimpanan, laptop ini dibekali RAM LDDR3 yang memiliki dua pilihan. Ada 8 GB dan 16 GB sehingga aktivitas multitasking dapat berjalan dengan mulus tanpa hambatan.

Dukungan penyimpanan internalnya terdapat M.2 PCIe SSD yang mempunyai kapasitas sampai 4 TB (2 x 2 TB).

Penggunaan M.2 PCIe SSD diklaim mempunyai kecepatan yang tinggi saat melakukan sistem operasi maupun software. Banyak foto, video, musik, dokumen maupun software yang dapat disimpan.

Port

Laptop ini mempunyai bentuk yang ramping sehingga mempunyai jajaran port yang sangat solid. Tersedia beberapa port yang ada di sebelah kanan, diantaranya port USB 3.1 Tipe-A Gen. 1, jack headset dan slot kunci Kensington.

Sementara di sebelah kiri, anda bisa menemukan port HDMI penuh dan port mini-HDMI serta 2 port Thunderbolt 3.

Keyboard dan Touchpad

Hampir mirip dengan laptop Asus lainnya, Asus ExpertBook B9450 mempunyai NumberPad 2.0. Jika anda ingin merubah beberapa angka tanpa mengotak-atik baris angka, maka ada NumPad LED-backlit yang bisa dimanfaatkan.

Daya Tahan Baterai

Baterai sebesar 66Wh yang dibenamkan dalam laptop ini telah diuji Asus, terbukti mampu bertahan hingga 24 jam.

Fitur Fast Charging juga dapat mengisi daya dengan lebih cepat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 39 menit, baterai dalam kondisi 0% dapat terisi hingga 60%.

Bagi anda pebisnis yang menyukai bepergian, Asus ExpertBook B9450 sangat cocok untuk dibawa ke mana-mana karena sangat tipis dan ringan. Selain itu, daya tahan baterai yang tahan lama dan pengisian yang cepat akan menjadi kelebihan tersendiri. (R10/HR-Online)

Loading...