Asus ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming Powerfull

Asus ROG Zephyrus G14,
Laptop Asus ROG Zephyrus G14,. Foto: Istimewa

Asus ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming yang mempunyai komponen dengan spesifikasi yang tinggi. Ditenagai dengan prosesor AMD Ryzen Mobile seri 4000 paling baru.

Laptop ini hadir di seri TUF Gaming A berserta F series. Selain itu juga dilengkapi dengan GPU dan RTX series.

Laptop gaming sebesar 14 inci ini mempunyai performa yang powerfull dan akan dipamerkan di awal tahun 2020.

Laptop Gaming Paling Tipis dan Ringan Asus ROG Zephyrus G14

Notebook yang diluncurkan ASUS ini mempunyai bentuk yang ringan dan tipis. Prosesor generasi terbaru yang ditanamkan AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors memakai metode fabrikasi 7nm.

Berita Terkait: Duo Laptop Asus ZenBook Resmi Hadir di Indonesia, Ini Harga dan Speknya

Prosesor menggunakan arsitektur Zen 2 dan chip grafis powerfull dari NVIDIA GeForce RTX 2060. Jadi Asus ROG Zephyrus G14 tidak semata-mata untuk kebutuhan gaming saja.

Prosesor didesain khusus supaya tidak menimbulkan panas yang berlebihan. Mempunyai konfigurasi 16 thread dan 8 core.

Aliran udara di bagian belakang laptop lebih lancar dengan adanya rongga udara ekstra. Dukungan fitur Ergolift Design akan menciptakan sistem pendingin terbaik.

Berita Terkait: Laptop Profesional Asus Zenbook Duo Resmi Dirilis

Sistem pendingin heatsink ultra-thin copper fin lebih tipis sehingga aliran udara lebih lancar. Ketebalan yang hanya 0,15 mm dan permukaan heatsink yang besar, akan membuat panas menyebar secara optimal.

Heatsink yang dimiliki Asus ROG Zephyrus G14 berjumlah 209, luar permukaannya mencapai 68.868 mm2.

Adanya memori DDR4-3200 yang berkapasitas hingga 32 Gb membuat kinerja semakin handal. Pada penyimpanannya memakai  NVMe SSD dengan kapasitas hingga 1TB sehingga dapat dapat diakses tanpa hambatan.

Pada layar laptop ini dapat mereproduksi warna dengan sangat akurat. Karena telah mempunyai sertifikasi PANTONE Validated. Jadi, ROG Zephyrus G14 juga cocok digunakan oleh para profesional kreatif dan konten kreator.

Pada layar mampu memperlihatkan warna pada color space sRGB sampai pada tingkatan reproduksi 100%.

Display Asus ROG Zephyrus G14

Laptop ini dihadirkan dalam dua jenis layar. Pertama layar yang mempunyai resolusi Full HD, dilengkapi dengan rate hingga 120Hz.

Kemudian ada layar dengan resolusi WQHD, layar ini akan lebih dipilih oleh pengguna yang lebih mementingkan resolusi.

Refresh rate dan frame rate bisa disinkronisasikan dengan teknologi AMD FreeSync. Sehingga saat bermain game tidak akan terjadi stuttering dan tearing.

Dukungan fitur variable refresh rate di bagian GPU Radeon juga mampu terintegrasi bersama AMD Ryzen 4000 Series Mobile Prosesor.

Berita Terkait: ASUS Vivobook S14, Laptop Gaming Irit Baterai

Fitur ini juga memungkinkan untuk dapat terhubung dengan monitor dengan dukungan teknologi AMD FreeSync.

Layar Asus ROG Zephyrus G14 hadir dengan bezel yang tipis dan mempunyai screen to body ratio sampai 85%.

Para gamer juga dapat menampilkan animasi, grafis dan efek tampilan di belakang layar dengan menggunakan fitur Anime Matrix.

Anime Matrix juga menggunakan banyak efek tampilan seperti music equalizer. Dilengkapi dengan 1.215 mini LED yang mempunyai tingkatan pencahayaan hingga 256.

Fitur ini juga dapat mengembangkan lapisan khusus, dengan tujuan supaya cahaya LED yang dipancarkan tidak terlalu redup atau terang. Susunan LED juga dipastikan pada tempatnya supaya penggunaan daya lebih hemat.

Kartu Grafis ROG Zephyrus G14

Pemrosesan grafis modern ROG Zephyrus G14 akan hadir dengan Tensor Core, misalnya saja real time ray tracing. Penggunaan GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 dapat berjalan di 65W dan berkecepatan 1298MHz.

GPU ini juga mendukung berbagai fitur seperti teknologi terbaru, fitur grafis dan 3D modelling dan deep learning.

Berita Terkait: Ini Harga dan Spek Laptop Khusus Gaming dari ASUS

Dedicated Video Encoder akan membuat laptop dapat melakukan live streaming dengan lancar sambil menjalankan game tanpa lag.

Port USB Type-C pada Asus ROG Zephyrus G14 dapat mendukung power delivery dan display output. Ditambah dengan dukungan dari protokol DisplayPort 1.4.

Port HDMI 2.0b dapat menghubungkan ke monitor dan TV 4K. Selain itu juga telah dibekali port USB Type-A untuk dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat gaming secara langsung.

ROG Zephyrus G14 juga dilengkapi dengan fitur pembaca sidik jari yang berada di bagian tombol power. Pengguna tidak perlu memindai jari karena data telah dikirim pada sistem Windows Hello saat melakukan login.

Laptop ini juga mempunyai keyboard gaming yang setara dengan laptop gaming ROG. Diklaim keyboard ini dapat bertahan sampai 20 juta kali tekan lebih.

Diperkirakan laptop gaming Asus ROG Zephyrus G14 akan mulai dijual dalam waktu dekat. Hadir dalam dua pilihan warna yakni Eclipse Grey dan Moonlight White. (R10/HR-Online)

Loading...