Atasi Banjir, Pemkab Ciamis Bentuk Satgas Quick Respon

Atasi Banjir, Pemkab Ciamis Bentuk Satgas Quick Respon
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meninjau langsung titik-titik lokasi yang kerap tergenangi banjir, seperti di jalan Iwa Kusumasomantri, pada Selasa (7/1/2020) sore. Foto:Istimewa

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Banjir “cileungcang” yang kerap menggenangi jalan-jalan protokol di seputaran Kota Ciamis, ditanggapi serius oleh pemerintah daerah. Pemkab Ciamis saat ini sudah membentuk Satgas Quick Respon, yang nantinya bertugas melakukan penanganan banjir akibat intensitas hujan yang tinggi.

Melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, saat ini sudah terbentuk 4 kelompok Satgas Quick Respon, di masing-masing UPTD Kebersihan yang ada di Kabupayen Ciamis.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPRKPLH Ciamis Giyatno menyebut, satu kelompok Satgas Quick Respon terdiri dari 10 orang petugas. Mereka bertugas meninjau dan memonitoring jalan-jalan protokol yang kerap banjir. Meski hujan belum turun, petugas Satgas Quick Respon ini akan selalu siaga.

“Nantinya ketika hujan deras turun dan terjadi genangan air di jalan protokol, petugas Satgas Quick Respon akan langsung terjun melakukan penanganan, hingga air tak lagi menggenang,” ujar Giyatno, Kamis (9/1/2020).

Menurut Giyatno, selama ini penyebab banjir, diakibatkan karena saluran drainase yang ada di pinggir jalan tertutup oleh sampah, dedaunan hingga material tanah.

Beberapa titik jalan di seputaran kota Ciamis yang kerap dibanjiri air salah satunya di jalan Iwa Kusumasomantri sekitar RS Permata Bunda, jalan Ir Juanda daerah Bebedilan, sekitar Stadion Galuh dan persimpangan Gedung Golkar.

Lebih lanjut Giyatno mengatakan, upaya pencegahan banjir “Cileungcang” kerap dilakukan para petugas kebersihan. Mereka rutin membersihkan sampah-sampah di saluran drainase.

Hanya memang, ketika hujan turun masih ada sampah yang terbawa air, sehingga menutup saluran drainase dan menyebabkan genangan banjir.

“Maka dari itu kami mengimbau kepada masyarakat Ciamis, agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke saluran drainase. Lebih baik jika kita ikut menjaga kebersihan dengan bergotong-royong membersihkan saluran air secara rutin di lingkungan sekitar kita,” pungkasnya.

Bupati Ciamis Tinjau Titi-titik Banjir

Sebelumnya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meninjau langsung titik-titik lokasi yang kerap tergenangi banjir, seperti di jalan Iwa Kusumasomantri, pada Selasa (7/1/2020) sore.

Sambil hujan-hujanan dan memakai jas hujan, Herdiat nampak mengecek beberapa saluran air di sekitar kantor BNNK Ciamis dan depan gedung IC.

Aksi Herdiat tersebut diabadikan serta diupload akun facebook Humas Pemkab Ciamis, sehingga mendapat berbagai respon dari netizen.(Jujang1/R8/HR Online)