Bahaya Kunyit untuk Kesehatan Tubuh jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Bahaya Kunyit untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi bahaya kunyit. Foto : istimewa

Bahaya kunyit memang jarang diketahui banyak orang. Pasalnya, kebanyakan hanya mengetahui tentang manfaatnya saja. Padahal, efek kunyit bisa mengancam kesehatan tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak.

Untuk manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh memang tidak usah diragukan lagi, mulai untuk mengatasi perut kembung, mual, dan masih banyak lagi khasiatnya.  

Namun masalahnya, tanaman rempah yang sudah diakui sejak dulu manfaatnya ini, ada efek sampingnya. Ya, bahaya kunyit apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Meski memang kunyit ini digolongkan sebagai tanaman dan bumbu dapur yang aman, serta tidak memicu efek samping yang serius.

Namun masalahnya, makanan yang sehat sekalipun bakal memicu efek samping bila mengkonsumsinya terlalu banyak, atau saat kondisi tubuh dalam keadaan tertentu yang dilarang untuk mengkonsumsinya.

Bahaya Kunyit Jika Dalam Kondisi Kesehatan Berikut

Tanaman yang bisa memberikan warna kuning pada masakan ini memang diakui memiliki segudang manfaat dan sudah diakui sejak zaman dulu. Sehingga tidak sedikit orang yang mengkonsumsi kunyit ini.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa mengkonsumsi kunyit terlebih dalam keadaan atau kondisi badan tertentu, yang memang dilarang untuk memakan atau meminum kunyit.

Berikut bahaya kunyit jika diminum untuk yang memiliki kondisi kesehatan seperti berikut ini

1. Konsumsi Obat Pengencer Darah

Tanaman kunyit sendiri di dalamnya terkandung kurkumin, yang sudah terbukti memiliki khasiat antimicroba, antioksidan, antiinflamasi, serta bisa mengurangi fungsi trombosit.

Akan tetapi bahaya kunyit itu sendiri jika seseorang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah. Pasalnya, tanaman rempah ini bisa menambah efek samping dari obat pengencer darah tersebut.

2. Diare

Untuk penderita diare memang kunyit bisa membantu menyembuhkannya. Tapi masalahnya adalah jika dikonsumsi secara berlebihan, maka disitulah bahaya kunyit.

Pasalnya, kurkumin yang ada di dalam kunyit ini mempunyai kecenderungan membuat iritasi pada saluran pencernaan.

Bahkan dalam penelitian, orang yang mengkonsumsi kunyit 3,6 – 8 gram sehari dalam waktu empat bulan, efek sampingnya akan mengalami mual ringan. Perlu diketahui bahwa dosis (3,6-8 gram) itu adalah bisa dikatakan tinggi.

3. Tengah Menjalani Proses Operasi

Bahaya kunyit lainnya yaitu pada orang yang sedang menjalani proses operasi. Karena, rempah ini cenderung bisa memperlambat proses pembekuan pada darah.

Untuk itu, bagi Anda yang sudah menjalani operasi, sebaiknya “puasa” mengkonsumsi kunyit dalam waktu 1-2 minggu sebelum melaksanakan operasi.

4. Mempunyai Riwayat Tekanan Darah Rendah

Bahaya kunyit lainnya jika dikonsumsi bagi mereka yang memiliki riwayat tekanan darah rendah. Bagi mereka yang mempunyai tekanan darah tinggi memang bisa bermanfaat, namun bertekanan darah rendah justru bisa menjadi bumerang.

Pasalnya, dengan tekanan darah yang rendah tersebut, bisa mengakibatkan komplikasi pada kesehatan tubuh Anda.

Bahaya Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Walaupun kunyit ini sangat bermanfaat untuk tubuh, tapi jika mengkonsumsinya terlalu banyak maka akan menimbulkan efek samping.

1. Sakit Kepala

Salah satu manfaat dari kunyit ini adalah bisa menyembuhkan sakit kepala. Tapi malah bisa menjadi bumerang jika mengkonsumsinya secara berlebihan.

Adapun bahaya kunyit atau efek sampingnya apabial terlalu banyak dosisnya adalah berupa mual dan bisa juga sakit kepala.

2. Iritasi pencernaan

Kunir atau kunyit ini bisa memperlancar proses pencernaan dalam tubuh. Namun lagi-lagi bila diminum atau makan dalam dosis yang terlalu banyak, maka sebaliknya bisa membuat perut sakit.

Ya, bahaya kunyit yang over dalam mengkonsumsinya akan mengiritasi pencernaan. Sebab, kunir ini mempunyai efek yang bisa merangsang lambung untuk membuat atau memproduk asam lebih banyak.

3. Batu ginjal

Kunir yang dalam dosis tinggi akan memiliki kadar oksalat. Zat ini (oksalat) bisa memicu masalah untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah batu ginjal.

Jika sudah terserang batu ginjal, maka bisa menimbulkan rasa nyeri yang begitu hebat. Oleh karena itu, bahaya kunyit yang terlalu banyak dikonsumsi bisa membentuk batu ginjal.

Lantas berapa banyak atau dosisnya yang harus dikonsumsi dari tanaman rempah banyak manfaat ini, sehingga tidak memicu efek samping?.

Jika menurut The Joint FAO, tingkat atau dosis yang dianjurkan dalam seharinya adalah 3 mg per berat badan. Jadi, apabila Anda memiliki berat 55 kg, maka yang dianjurkan adalah 165 mg/harinya.

Jadi intinya adalah, bahaya kunyit tidak akan menyerang Anda jika tingkatan konsumsinya tidak berlebihan. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...