Bahaya Oli Palsu Jika Digunakan Pada Kendaraan

Bahaya Oli Palsu Jika Digunakan Pada Kendaraan

Berita Otomotif, (harapanrakyat.com).- Bahaya Oli Palsu Jika Digunakan Pada Kendaraan. Oli merupakan pelumas kendaraan yang memiliki peranan penting dalam komponen kendaraan.

Tanpa adanya oli, maka pergerakan kendaraan akan tersendat dan dapat mengakibatkan kerusakan. Pergantian oli juga diperlukan agar performa kendaraan menjadi lebih baik.

Namun, tak semua pedagang menjual oli asli, lalu apa saja bahaya dari oli palsu? Berikut akan ulasan mengenai bahaya oli palsu bagi kendaraan.

Dari segi tampilan, oli palsu memang tak jauh berbeda dengan oli original, sama -sama nampak bening. Namun ketika disentuh, oli palsu memiliki tekstur yang lebih kasar.

Oli palsu memberikan dampak yang cukup besar dan merugikan pada kendaraan. Walau memberikan efek secara langsung, oli palsu akan terlihat dampaknya dalam jangka panjang.

Bahaya Oli Palsu

Menghambat Sirkulasi Mesin

Dampak dari oli palsu diantaranya dapat menghambat sirkulasi mesin. Hal ini dikarenakan adanya endapan pada oli, sehingga memperberat komponen-komponen yang ada pada mesin. Lalu, dapat menjadikan mesin mengeluarkan suara kasar

Selain itu, oli palsu dapat mengakibatkan overheat pada mesin. Meski terbilang lebih murah dibandingkan oli original, oli palsu memiliki ketahanan yang buruk terhadap panas.

Serta daya pelumas yang dimiliki tak cukup baik. Dengan kualitas yang seperti ini, tentunya tak mampu menahan suhu tinggi dan mengakibatkan overheat.

Mesin Rentan Rusak

Bahaya oli palsu selanjutnya menjadikan mesin rentan menjadi rusak. Hal ini dikarenakan zat atau campuran yang terkandung dalam oli tidak dapat menjaga seluruh komponen mesin secara maksimal.

Karena tidak terlindungi secara utuh, maka terjadi keausan dan masa pakai komponen menjadi lebih singkat.

Tak hanya itu, nyatanya oli palsu dapat mengakibatkan turun mesin, hal ini karena seluruh komponen mesin tak mampu bekerja dengan optimal.

Atau bisa saja dampaknya menjadikan mesin mengalami overheat berlebih, maka dapat dipastikan mesin kendaraan Anda akan turun mesin.

Tentunya hal ini menjadikan Anda mengeluarkan biaya yang tak sedikit untuk memperbaikinya kembali.

Bahaya untuk Jangka Waktu Lama

Dalam jangka waktu yang lama, pemakaian oli palsu dapat menyebabkan noken as tergerus dan hancur. Padahal fungsi silinder tempat klep dan noken as ialah menghasilkan gesekan tinggi bagi kendaraan.

Oli memiliki beberapa kandungan yang spesifik untuk tiap jenis motor. Seperti halnya motor bebek, sport, dan matic, oli memiliki beberapa spesifikasi tersendiri.

Memang awalnya oli palsu masih dapat digunakan pada mesin, tapi seiring berjalannya waktu akan terasa kejanggalan yang dapat merusak mesin Anda.

Oleh karena itu, ketika Anda sudah mengetahui atau bahkan memahami bahaya oli palsu bagi kendaraan Anda, maka gunakan selalu oli asli sesuai standar pabrikan.

Lalu lakukan proses ganti oli di bengkel resmi. Hal ini agar yang digunakan oli asli dan sesuai standar yang sudah ditetapkan. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...