Bahu Jalan Cisaga-Rancah Ciamis Ambrol Terbawa Longsor

Bahu Jalan Cisaga-Rancah Ciamis Ambrol Terbawa Longsor
Bahu jalan raya Cisaga-Rancah, tepatnya di blok Cisela Desa Bojonggedang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, ambrol, Kamis (23/1/2020) malam. Foto:Jujang/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Bahu jalan raya Cisaga-Rancah, tepatnya di blok Cisela Desa Bojonggedang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambrol, Kamis (23/1/2020) malam.

Ketua Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK Tagana) Kabupaten Ciamis, Ade Waluya mengatakan, bahu jalan tersebut ambrol lantaran terbawa tanah yang longsor di bagian tebing jalan.

“Bahu jalan yang ambrol terbawa longsor sekitar 5 meteran, selain ambrol, aspal jalannya pun kini retak-retak,” ujarnya, Jumat (24/1/2020).

Diduga, ambrolnya bahu jalan tersebut lantaran tembok penahan tebing (TPT) jalan, tak mampu menahan guyuran air hujan yang meluap dari drainase. Kejadian tersebut juga menyebabkan gorong-gorong yang ada dibawah jalan tersebut ikut hancur.

“Bahu jalan yang longsor ini cukup membahayakan pengendara, karena dibawahnya merupakan tebing setinggi kurang lebih 7 meteran,” ungkapnya.

Pihaknya pun meminta masyarakat khususnya para pengendara, untuk berhati-hati jika melintas jalur tersebut. Kendati sudah dipasang garis pengaman, namun apabila kurang hati-hati akan sangat membahayakan, apalagi saat ini musim hujan.

“Semoga bahu jalan yang ambrol ini bisa segera diperbaiki, agar tidak membahakan pengendara yang melintas,” kata Ade Waluya.

Saat ini lanjut dia, arus lalu lintas dijalan tersebut menggunakan sistem buka tutup.(Jujang/R8/HR Online)