Balai Sawala Kampung KB Pasirnangoh Dipiwanoh Rancah Ciamis Diresmikan

Balai Sawala Kampung KB Pasirnangoh Dipiwanoh Rancah Ciamis Diresmikan
Peresmian Balai Sawala Kampung KB “Pasirnangoh Dipiwanoh” Desa/Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, diwarnai dengan penampilan kesenian masyarakat sekitar Rabu (8/1/2020). Foto:Jujang/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Balai Sawala Kampung KB “Pasirnangoh Dipiwanoh” Desa/Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diresmikan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Ciamis, H Dondon Rudiana, Rabu (8/1/2020).

Acara peresmian balai sawala tersebut diwarnai dengan penampilan kesenian tradisional sunda, dari kader kampung KB “Pasirnangoh Dipiwanoh” Rancah.

Dalam sambutannya, Kepala DPPKBP3A Ciamis, H Dondon Rudiana mengatakan, peresmian balai sawala kampung KB “Pasirnangoh Dipiwanoh” Rancah ini sebagai langkah kongkrit pemerintah dalam upaya mendekatkan diri dengan masyarakat, sehingga masyarakat lebih mudah mendapat pelayanan KB.

“Yang pada akhirnya, kedepan masyarakat Rancah akan mampu hidup lebih berkualitas lagi. Saya mohon balai sawala ini agar dimanfaatkan sebaik mungkin, untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat,” ujar H Dondon.

Kata dia, keberadaan kampung KB Pasirnangoh Dipiwanoh Rancah, diharapkan mampu melakukan berbagai program pembangunan kesehatan, seperti program pencegahan dan penanganan masalah stunting.

“Kampung KB tidak hanya tentang masalah penggunaan dan pemasangan kontrasepsi, namun juga tentang kesehatan lainnya serta kesejahteraan keluarga,” katanya.

Lebih lanjut Dondon mengatakan, pengelolaan kampung KB prinsipnya yaitu untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas dengan mengedepankan delapan fungsi keluarga.

Kedelapan fungsi tersebut yakni fungsi keagamaan, sosial budaya, perlindungan, reproduksi, cinta kasih, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi dan fungsi pelestarian lingkungan.

“Dengan menerapkan kedelapan fungsi tersebut, kita harap kampung KB Rancah bisa membantu keluarga agar lebih bahagia, sejahtera dan terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Rancah, Toto Suryanto mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Ciamis serta masyarakat Desa Rancah yang telah mendukung terbentuknya kampung KB dan balai sawala ini.

“Mudah-mudahan masyarakat Rancah lebih tertantang lagi untuk  lebih maju dengan semangat gotong royong.  Kampung KB harus jadi vioner bagi kampung lain dalam hal penataan lingkungan bersih,” kata Toto. (Jujang/R8/HR Online)