Begini Cara Warga Karangkamiri Pangandaran Antisipasi Banjir

Guna mengantisipasi banjir saat musim hujan, masyarakat di Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melakukan aksi bersih-bersih Sungai Cicepak
Guna mengantisipasi banjir saat musim hujan, masyarakat di Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melakukan aksi bersih-bersih Sungai Cicepak. Foto: Enceng/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Guna mengantisipasi banjir saat musim hujan, masyarakat di Desa Karangkamiri, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, melakukan aksi bersih-bersih Sungai Cicepak yang melintasi wilayah Desa Karangkamiri.

Kepala Desa Karangkamiri, Agus Salim, mengatakan, aksi bersih-bersih sungai ini dalam rangka meminimalisasi bencana banjir di musim hujan.

“Biasanya jika musim hujan sungai ini airnya suka meluap hingga membanjiri lahan pesawahan milik warga. Terlebih saat ini sebagian sawah masyarakat sudah ditanami padi,” katanya, kepada HR Online, Minggu (12/01/2020).

Agus berharap, setelah sungainya dibersihakan dari pohon-pohon yang dianggap menghambat saluran air, Sungai Cicepak tidak akan lagi meluap dan membanjiri lahan sawah warga.

Selain itu, aksi bersih-bersih ini juga diharapkan bisa memupuk rasa gotong-royong dan pemperkuat tali silaturahmi antar warga.

“Jika melihat antusias masyarakat, saya yakin bahwa jiwa gotong-royong masyarakat masih kuat. Ke depan kegiatan seperti bersih-bersih sungai akan menjadi agenda rutin dan prioritas,” kata Agus. (Cenk/R3/HR-Online)

Loading...