Belum Digunakan, TPT RSUD Kawali Ciamis Sudah Ambruk

TPT RSUD Kawali
Tembok Penahan Tanah (TPT) RSUD Kawali, Kabupaten Ciamis ambruk. Foto: Istimewa.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Tembok Penahan Tanah atau TPT RSUD Kawali di Dusun Sukajadi, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, Rabu (1/1/2020) lalu. Padahal RSUD yang baru dibangun tersebut sama sekali belum digunakan.

Warga setempat khawatir ambruknya tembok meluas dan bertambah parah, mereka meminta agar tembok penahan tanah tersebut segera dibangun.

Ade Rosmiati, Kadus Sukajadi, mengatakan, ambruknya TPT RSUD Kawali terjadi seminggu yang lalu, saat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Kawali dan sekitarnya.

“TPT-nya ambruk, akses jalan menuju wilayah Dusun Sukajadi ini jadi licin, karena jalan penuh dengan tanah,” ujar Ade saat dihubungi HR Online melalui sambungan telepon, Kamis (9/1/2020).

Padahal jalan tersebut, kata Ade, merupakan akses jalan utama yang biasa dilalui warga. “Karena itu, kami berharap dalam waktu dekat TPT RSUD ini bisa segera dibangun kembali,” katanya.

Jika TPT tidak segera diperbaiki, Ade khawatir bisa membahayakan para pengguna jalan yang melintas.

“Pasca ambruknya tembok penahan tanah tersebut, pihak Pemerintah Desa Winduraja sudah langsung berkoordinasi dengan pelaksana pembangunan. Katanya akan segera dibangun kembali,” ungkap Ade.

Ade berharap pihak pelaksana bisa menepati janjinya. “Mudah mudahan saja apa yang dikatakannya (pelaksana) tepat waktu sesuai dengan yang dijanjikannya,” katanya.

Baca Juga: RSUD Kawali Ciamis Akan Dibuka Awal Tahun 2020

Sementara, sumber HR Online yang namanya minta dirahasiakan, mengatakan, ambruknya TPT RSUD Kawali sangat disayangkan. Pasalnya, RSUD Kawali sama sekali belum digunakan, namun TPT-nya sudah ambruk.

“Bukan cuma karena faktor alam, mungkin juga bisa karena pengerjaannya asal-asalan. Ini hanya dugaan saja. Tapi akses jalan di sekitarnya tidak disertai saluran air yang representatif. Sehingga ketika diguyur hujan deras, TPT-nya tidak mampu bertahan, ya ujungnya jadi ambruk,” katanya. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...