Bencana Non Alam yang Mungkin Terjadi

Bencana Non Alam yang Mungkin Terjadi

Berita Sains, (harapanrakyat.com).- Bencana non alam yang mungkin terjadi. Selama ini yang diketahui bencana selalu berkaitan dengan alam.

Padahal ada jenis-jenis bencana yang tidak ada sangkutannya dengan alam, dan ini disebut dengan bencana non alam.

Bencana ini adalah kerusakan atau kerugian yang ditimbulkan oleh berbagai macam hal, sehingga menimbulkan jumlah korban, dan dampak yang sama, bahkan lebih dari bencana alam.

Jenis Bencana Non Alam

Banjir

Banjir tidak melulu karena alam, tapi juga ada efek manusia di dalamnya. Anda pasti bertanya-tanya bagaimana bisa manusia berpengaruh dan menyebabkan banjir?

Pertama, karena manusia belum bisa menghilangkan kebiasan untuk tidak buang sampah sembarangan.

Sampah-sampah ini dibuang di sungai, di jalan, dimana pun hingga menumpuk dan menyebabkan got tersumbat dan sungai meluap.

Kemudian, ada manusia-manusia yang masih egois dengan melakukan penebangan pohon secara liar hingga makin minimnya daerah resapan air.

Perang

Bencana non alam yang kedua adalah perang. Perang bisa dikategorikan sebagai bencana, tapi tidak disebabkan oleh alam. Karena memang pelaku utamanya adalah manusia.

Mereka yang melakukan perang mendatangkan kerugian bagi manusia lain, seperti menghancurkan harta benda, nyawa, dan hak-hak sebagai manusia.

Mereka juga menimbulkan trauma dan rasa tidak nyaman dan aman bagi manusia lain yang bertahan.

Perang pun umumnya tidak hanya terjadi satu atau dua tahun saja, ini bertahan sangat lama, sehingga bencana yang ditimbulkan oleh perang sangat luas.

Wabah Penyakit

Bencana non alam yang mungkin terjadi di masa depan tidak lain adalah wabah penyakit. Wabah penyakit sangat beragam. Dan jika memiliki cara penularan yang mudah, itu akan terus menambah daftar korban yang tertular.

Beberapa wabah penyakit yang paling mematikan dan sudah terjadi diantaranya:

  1. Wabah Epidemi di tahun 1330 yang menelan korban lebih dari 40 juta jiwa
  2. Wabah Cacar di abad ke 16 yang menelan korban lebih dari 8 juta jiwa
  3. Wabah Flu Spanyol di tahun 1918 yang menelan korban lebih dari 50 juta jiwa
  4. Wabah HIV / Aids sejak tahun 1980 sampai saat ini dan sudah menelan korban lebih dari 30 juta jiwa

Kegagalan Teknologi

Bencana non alam selanjutnya adalah kegagalan dalam teknologi. Kegagalan teknologi bisa menjadi ancaman dan bencana untuk manusia.

Karena kegagalan teknologi menimbulkan efek yang besar dan luas. Tapi itupun tetap tergantung dengan seberapa besar teknologi itu sendiri.

Kegagalan teknologi bisa terjadi karena kesalahan desain, human error, penggunaan alat, dan berbagai kemungkinan-kemungkinan lain.

Kegagalan teknologi ini bisa menyebabkan berbagai hal yang terjadi pada manusia. Seperti kebakaran, kerusakan alat pada pabrik, kebocoran nuklir, sabotase dan masih banyak lainnya.

Kegagalan pada teknologi dinyatakan sebagai bencana karena menyebabkan manusia kehilangan nyawa dan harta benda sampai lumpuhnya kegiatan perekonomian.

Dapat disimpulkan bahwa bencana non alam sangat mungkin terjadi di masa depan, sehingga semua orang perlu meningkatkan kewaspadaan. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...