BPBD Kota Banjar Amankan Indukan King Kobra

BPBD Kota Banjar Amankan Indukan King Kobra
BPBD Kota Banjar bersama tim dari komunitas reptile saat berusaha menjinakkan king kobra indukan. Foto: Muhlisin/ HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com).- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar bersama tim dari komunitas reptil, mengamankan indukan king kobra yang sering memangsa unggas dan meresahkan warga di lingkungan Pintusinga, RT 1, RW 17, Kec/ Kota Banjar, Jawa Barat.

BPBD dan Tim reptil sempat kesulitan karena ular jenis king kobra jawa tersebut sempat bersembunyi di bawah sela-sela tumpukan genting.

Namun, setelah berkali-kali diakali, ular indukan dengan panjang 1,2 meter dan berukuran sebesar lengan orang dewasa tersebut, akhirnya berhasil diamankan.

Deni (40), warga setempat, ketika ditemui HR Online, Sabtu (04/01/2020), menuturkan, awalnya ular itu diketahui oleh anak-anak saat memangsa beberapa unggas ayam.

Setelah itu, kata Deni, ia berinisiatif melaporkan kepada tim reptil dan BPBD Kota Banjar untuk penanganan.

“Kemarin anak-anak yang lihat ularnya lagi makan ayam. Alhamdulillah, sudah ketangkap dan cukup besar. Cuman beberapa anakan ularnya belum ketemu,” kata Deni.

Menurut Deni, ular tersebut sudah membuat warga resah dan khawatir karena sudah dua kali masuk ke dalam rumah. Terlebih kemarin sempat memakan empat ekor unggas ayam.

“Kita ya takut kalau masuk lagi ke rumah warga. Apalagi itukan ular berbisa, makanya harus diamankan,” katanya.

Sementara itu, Yudi, anggota komunitas reptil, menambahkan, ular indukan yang ditangkap tergolong besar dan berbahaya, sehingga harus dievakuasi.

“Ularnya cukup besar dengan panjang sekitar 1,2 meter. Setelah ini kita bawa untuk diamankan,” katanya. (Muhlisin/R4/HR-Online)