Budidaya Entok di Ciamis Menggiurkan

Peluang Budidaya Entok
Budidaya entok yang dikembangkan Haris. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Budidaya Entok memang tidak sepopuler beternak ayam, namun siapa sangka budidaya hewan jenis unggas ini justru lebih menguntungkan.

Seperti yang diungkapkan Haris, peternak entok asal Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Ciamis, peluang bisnis di bidang tersebut cukup menggiurkan.

Menurutnya, pangsa pasar entok dinilai lebih sulit dibanding dengan jenis hewan lainnya. Namun, bila sudah menemukan pasar potensial, maka budidaya entok jutsru menggiurkan.

“Kalau sudah menemukan pasarnya sendiri, saya yakin ini sangat menguntungkan sekali bagi peternak,” kata Haris kepada HR Online beberapa waktu lalu.

Haris menambahkan, kelebihan beternak entok di antaranya tidak mudah terserang penyakit serta tahan terhadap cuaca apapun.

Peluang lainnya, kata Haris, peternaknya yang masih jarang serta biaya kebutuhan pakan bisa lebih sedikit lantaran entok mau makan apa saja alias rakus.

“Saya memanfaatkan makanan sisa maupun umbi-umbian dari kebun. Hewan ini juga bisa dijual berbagai usia, baik itu doe (anak) atau pun usia yang siap potong. Jadi, memang budidaya entok ini bagi saya sangat potensial untuk dikembangkan,” pungkasnya. (Edji/R6/HR-Online)

Loading...