Bupati Ciamis Tinjau RSUD Kawali, Minta TPT yang Ambruk Segera Diperbaiki

TPT yang ambruk
Bupati Ciamis meninjau RSUD Kawali, Senin (13/1/2020). Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menegaskan agar TPT (Tembok Penahan Tanah) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kawali segera diperbaiki.

“Terlepas ambruknya TPT RSUD Kawali disebabkan oleh faktor alam, namun diharapkan pihak pengembang atau Dinas terkait dapat secepat mungkin untuk memperbaikinya, begitu juga akses jalannya harus segera diperbaiki,” ujar Herdiat, saat meninjau RSUD Kawali untuk persiapan operasional, Senin (13/1/2020).

Jalan yang terdampak TPT yang ambruk tersebut, kata Herdiat, merupakan akses utama warga Dusun Sukajadi, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali dan sekitarnya.

“Perbaikan TPT dan akses jalan harus diprioritaskan. Jalan merupakan sarana yang sangat vital untuk transportasi, makanya  harus secepatnya diperbaiki,” kata Herdiat.

Herdiat menambahkan, selain akses jalan yang biasa digunakan oleh masyarakat, akses jalan keluar dari RSUD Kawali juga harus dibangun. Sehingga apabila Rumah Sakit sudah beroperasi, jalan keluar maupun masuk sudah bisa digunakan.

“Paling cepat akhir tahun dan lambatnya awal tahun 2021, RSUD Kawali harus sudah beroperasi,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya TPT RSUD Kawali dikabarkan ambruk setelah diguyur hujan terus menerus. Warga setempat khawatir ambruknya tembok meluas dan bertambah parah, mereka meminta agar tembok penahan tanah tersebut segera dibangun.

Baca Juga: Belum Digunakan, TPT RSUD Kawali Sudah Ambruk

Ade Rosmiati, Kadus Sukajadi, mengatakan, ambruknya TPT RSUD Kawali terjadi seminggu yang lalu, saat hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Kawali dan sekitarnya.

“TPT-nya ambruk, akses jalan menuju wilayah Dusun Sukajadi ini jadi licin, karena jalan penuh dengan tanah,” ujar Ade saat dihubungi HR Online melalui sambungan telepon, Kamis (9/1/2020).

Padahal jalan tersebut, kata Ade, merupakan akses jalan utama yang biasa dilalui warga. “Karena itu, kami berharap dalam waktu dekat TPT RSUD ini bisa segera dibangun kembali,” katanya.

Jika TPT yang ambruk tersebut tidak segera diperbaiki, Ade khawatir bisa membahayakan para pengguna jalan yang melintas. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...