Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBerita TerbaruCanon EOS 1D X Mark III, Kesempurnaan dalam Pemotretan

Canon EOS 1D X Mark III, Kesempurnaan dalam Pemotretan

Canon EOS 1D X Mark III merupakan penerus kamera DSLR kelas atas dari EOS 1D X Mark II yang meluncur di tahun 2016 lalu.

Apabila dibandingkan dengan seri sebelumnya, kamera DSLR ini mempunyai beberapa peningkatan. Baik itu dari segi sensor, sistem autofokus, prosesor gambar, maupun kontrol yang lebih sempurna.

Canon EOS 1D X Mark III Kecepatan dan Sensitivitas Tinggi

Kamera DSLR ini dirancang khusus dengan kecepatan, presisi dan sensitivitas yang tinggi. Sehingga sangat cocok bila dipakai untuk hunting gambar saat acara olahraga, satwa liar serta aplikasi pencitraan yang lebih dinamis.

Berita Terkait: Canon G7X Mark III, Kamera yang Cocok untuk Para Vloger

Kecepatan dan kemampuan pemrosesan dapat disesuaikan dengan aplikasi foto dan gambar. Dirancang dengan prosesor gambar DIGIC X yang telah diperbarui dan sensor CMOS full frame 20.1 MP.

Sehingga kamera Canon ini mampu memotret dalam tingkatan beruntun sampai 16 fps. Didukung viewfinder optik atau dalam tampilan langsung 20 fps. Selain itu, juga ada buffer 1000 shot saat membidik gambar mentah + JPEG.

Rentang sensitivitasnya sangat mengesankan. Dari ISO 100-102400 dapat diperluas ke ISO 50-819200. Jadi, dapat disesuaikan dengan pencahayaan yang ada.

Sistem autofokus EOS iTR AF X dengan menggunakan 191 poin sangat menguntungkan pada kecepatannya. Karena dapat lebih fokus, kinerja pun akan lebih akurat dan cepat.

Canon EOS 1D X Mark III dapat mempertahankan fokus pada obyek yang bergerak. Karena telah dilengkapi dengan fungsi Pelacakan Wajah dan Deteksi Kepala dengan menggunakan teknologi Pembelajaran Dalam.

Anda dapat menggunakan Dual Pixel CMOS AF menggunakan 3869 titik secara manual. Kualitas fokus akan lebih natural.

Untuk dapat menjalankan kamera ini, perlu dikirim dalam satu bundel dengan menggunakan kartu memory. Kartu memori berupa SanDisk 64GB Extreme PRO CFexpress yang dilengkapi dengan kartu pembaca Extreme PRO CFespress.

Berita Terkait: Kamera DSLR Canon Terbaru Ini Diklaim Bikin Ngevlog Lebih Asyik

Desain ulang dari sensor CMOS Full-frame 20.1 MP dipasangkan dengan filter low pass. Sehingga dapat menghasilkan sensitivitas dan kecepatan yang tinggi. Kualitas gambar secara keseluruhan pun sangat bersih.

Desain Body Canon EOS 1D X Mark III

Desain body pada kamera ini sangat kuat dan awet. Tahan terhadap cuaca dan debu serta kelembaban karena menggunakan konstruksi magnesium alloy.

Pada body kamera Canon ini dilengkapi dengan slot kartu memori CFexpress ganda. Sehingga kecepatan pemotretan dapat tersambung dengan cepat. Saat merekam video pun beresolusi tinggi.

Pada body juga terdapat jendela bidik pentaprism optik. Dilengkapi dengan mekanisme penggerak cermin yang telah diperbarui. Sehingga dapat mengurangi pemadaman. Untuk pemutaran dan navigasi pada menu, terdapat LCD layar sentuh 3,2 “2,1 m-dot.

Fitur lainnya adalah Wi-Fi, Bluetoth serta GOS built-in yang memungkinkan nirkabel tanpa kendala saat konektivitas. Port Etheernet internal juga dapat dipakai untuk tranfer file LAN kabel lebih cepat.

Merekam Video Lebih Cepat dan Halus

Selain pemakaian untuk pemotretan, Canon EOS 1D X Mark IIIĀ  juga sangat kompeten jika digunakan untuk video. Kemampuan merekam konten DCI 4K dapat dilakukan secara internal hingga 60 fps. Dapat digunakan dengan 10-bit, 4:2:2 warna dan Full HD pada 120 fps dan raw 5.5K atau 5472 x 2886 pada 60 fps.

Kemudian untuk rekaman yang melengkapi adalah Movie Digital IS, Panduan Fokus, Puncak Fokus Manual dan Canon Log Gamma. Sehingga perataan warna yang lebih luas di pos dapat dikontrol.

Berita Terkait: Ini Dia Kamera Terbaru dari Canon, EOS-1DX Mark II

Jika merekam video dalam tampilan langsung, maka anda dapat menggunakan sistem Dual Pixel CMOS AF. Sistem tersebut dapat menghadirkan 3869 itik fokus otomatis yang bisa anda pilih dengan cara manual.

Sistem pemfokusan akan menghasilkan video yang cepat dan halus. Dual Pixel CMOS AF ini akan mengintegrasikan dua fotodioda secara terpisah. Di setiap pixelnya akan memberikan jaringan yang luas dan padat elemen tentang pendeteksi fasi pada sensor gambar.

Perburuan fokus dapat dikurangi sehingga dapat mengontrol penempatan fokus secara langsung dan cepat. Mode AF Servo Film saat perekaman video akan memberikan fokus yang lebih halus dan natural. Meskipun subyek berubah dari segi jarak dan adegan.

Mode AF Servo Film pada Canon EOS 1D X Mark III juga mampu menentukan kecepatan AF, sensitivitas pelacakan dan prioritas pelacakan wajah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru