Cara Cek Karet Wiper Mobil, Sudah Saatnya Ganti atau Belum

Cara Cek Karet Wiper Mobil
iIlustrasi Cara Cek Karet Wiper Mobil. Foto: Istimewa

Cara cek karet wiper mobil masih banyak yang belum diketahui. Padahal pengecekan karet wiper sangatlah penting. Terlebih di musim penghujan seperti sekarang ini.

Dengan dilakukannya pengecekan secara rutin, maka pemilik mobil bisa tahu apakah karet wiper masih bisa berfungsi untuk menyapu air atau tidak.

Cara Cek Karet Wiper Mobil

Jika anda termasuk salah satu pemilik mobil yang belum tahu cara pengecekan karet wiper, anda tak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan caranya untuk anda.

Untuk mengecek karet wiper masih berfungsi secara normal atau tidak, kita memang tak bisa melakukannya jika hanya mencermati secara visual saja. Harus ada pengetesan yang dilakukan.

Berita Tarkait: Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir, Jangan Asal Beli!

Adapun cara cek karet wiper mobil ialah dengan mengaktifkan water spray atau menggunakan bantuan air washer. Saat cairan wiper keluar, maka wiper akan langsung menyapu kaca depan dan belakang secara otomatis.

Apabila dalam menyapu kaca terdengar bunyi atau hasil sapuan terlihat tak rata, kemungkinan karet wiper sudah getas atau bahkan mulai pecah-pecah. Hal ini menyebabkan kinerjanya menjadi kurang optimal.

Kondisi karet wiper ini sendiri disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih. Hal ini bisa terjadi apabila anda memarkir mobil di bawah terik matahari.

Jika kondisi karet wiper anda sudah begini, mau tak mau anda harus menggantinya dengan yang baru. Namun setelah diganti, pastikan anda tak sembarangan lagi dalam memarkir.

Jangan sampai permasalahan terulang kembali. Dengan begitu, anda tak akan boros pengeluaran dalam perawatan mobil.

Ciri Karet Wiper Mobil Sudah Harus Diganti

Selain cara cek karet wiper mobil di atas, pastikan anda juga tahu apa saja ciri karet wiper yang minta diganti. Pastikan anda mencermati setiap cirinya. Langsung saja, berikut ciri-ciri tersebut.

Berubah Bentuk

Salah satu ciri karet wiper sudah minta diganti yaitu bentuknya berubah. Perlu untuk anda ketahui, karet wiper yang sudah rusak atau aus memiliki pinggiran yang tak rata.

Berita Tarkait: Cara Merawat Ban Serep Mobil Agar Tetap Prima dan Tak Kadaluwarsa

Apabila anda ingin wiper tetap berfungsi dengan baik, maka anda harus menggantinya dengan yang baru. Terlebih jika karet tersebut juga terlihat sudah mulai pecah-pecah.

Umur Pakai

Kapan waktu yang tepat dalam mengganti karet wiper juga bisa diketahui dari umur pakainya. Umur pakai ini nyatanya tak banyak diketahui oleh pemilik mobil. Padahal umur pakai juga bisa dimanfaatkan dalam cara cek karet wiper mobil.

Adapun umur pakai karet wiper yang dianjurkan yaitu saat mobil sudah menempuh 10 ribu km. Jika jarak tempuhnya sudah mencapai angka tersebut, maka saatnya karet wiper harus diganti.

Timbul Garis Air

Ciri karet wiper minta diganti lainnya yaitu timbul garis air. Hal ini bisa diketahui ketika wiper tengah diaktifkan. Apabila kinerja wiper justru menimbulkan garis air, maka anda perlu mewaspadainya.

Terlebih jika penglihatan justru cenderung buram karena cahaya di kaca menjadi bias, maka anda harus segera mengganti wiper.

Jangan sampai pandangan terganggu ketika berkendara. Dengan anda mengganti karet wiper, maka anda bisa tetap fokus dalam memantau jalan ketika hujan.

Wiper Melengkung

Sebagai penyapu air ketika hujan, bentuk wiper tentu saja harus lurus sehingga mampu menyeka air di permukaan kaca dengan baik.

Hanya saja, usia pemakaian wiper yang sudah terlalu lama dan kurang terawat seringkali membuat bentuknya berubah. Wiper tak lagi lurus, akan tetapi melengkung. Kondisi ini sebenarnya juga bisa dicermati dalam cara cek karet wiper mobil.

Dengan kondisinya yang melengkung, sudah pasti wiper tak akan mampu lagi menyapu air karena sudah tak bisa menempel di permukaan kacanya dengan baik.

Beberapa ciri di atas bisa anda cermati apabila ingin memiliki karet wiper yang selalu berfungsi dengan baik. Jangan sampai kenyamanan selama berkendara jadi hilang karena menurunnya fungsi wiper.

Berita Tarkait: Cara Membersihkan Dashboard Mobil Agar Terlihat Baru dan Berkelas

Perlu untuk anda ketahui juga bahwa perawatan wiper sangat penting untuk dilakukan ketika anda sudah menggantinya dengan yang baru.

Dengan rutin memberikan perawatan, maka karet wiper tak akan mudah rusak. Penggunaannya pun bisa lebih lama pastinya. Hal ini sudah pasti mampu membantu anda dalam menghemat pengeluaran.

Selain mencermati ciri, pastikan anda juga tahu dan mempraktekkan cara cek karet wiper mobil. Karet wiper yang berfungsi normal dijamin mampu menunjang kenyamanan anda selama berkendara ketika hujan. (R10/HR-Online)

Loading...