Cara Kerja Mesin Pesawat Terbang, Ternyata Begini!

Cara Kerja Mesin Pesawat Terbang

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com).- Cara kerja mesin pesawat terbang, ternyata begini! Saat naik pesawat terbang komersil dan melihat ke luar jendela, disitu terlihat mesin pesawat di masing-masing sayap pesawat.

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara kerjanya. Walaupun nampak besar dan canggih, namun sebenarnya cara kerja mesin pesawat terbang itu sederhana.

Berikut penjelasan cara kerjanya!

Komponen Mesin Pesawat

Anda perlu memahami bagian mesin pesawat terlebih dahulu agar dapat memahami cara kerjanya. Bagian mesin peswat terutama yang bertipe turbojet terdiri dari. Inlet, Kompresor, combustor, turbin dan nozzle.

Inlet adalah tempat masuknya udara. Kompressor adalah tempat yang kegunaannya untuk mengkompresi/ menekan udara yang masuk.

Combustor adalah ruang pembakaran, turbin bagian untuk mengubah energi tekanan udara da panas menjadi energi gerak.

Sedangkan nozzle adalah semacam katup yang mengatur masuk keluarnya udara hasil pembakaran.

Cara Kerja Mesin Pesawat Terbang

Prinsip kerjanya meliputi 4 langkah, menghisap udara, menekan udara, ledakan, dan menghembuskan.

  • Menghisap Udara

Udara dari depan mesin turbojet masuk melalui inlet, dengan dibantu menggunakan kipas yang ada pada inlet. Kipas pada inlet ini merubah udara yang kecepatan tinggi menjadi lebih rendah, sehingga menjadikan tekanannya lebih tinggi. Selain itu kecepatannya dikurangi agar kompressor lebih optimal bekerjanya.

  • Mengkompresi Udara

Udara yang kecepatannya sudah direndahkan dan tekanannya ditinggikan oleh inlet, masuk ke kompresor. Di sana udara dikompresi yaitu dinaikkan lagi tekanannya. Semakin tinggi tekanannya sehingga udara semakin padat, dan suhu juga semakin panas. Setelah dikompresi dengan menjadi bertekanan sangat tinggi dilanjutkan pada proses peledakan.

  • Peledakan

Udara bertekanan tinggi yang dicampurkan dengan bahan bakar akan menghasilkan ledakan di combustor. Udara yang bercampur bahan bakar itu meledak dan menghasilkan udara yang sangat panas dan tekanan tinggi. Udara tersebut menggerakkan turbin yang ada di jalur pengeluarannya.

Turbin menjadi pengubah energi udara panas bertekanan tinggi tersebut menjadi energi putaran yang mana digunakan untuk menggerakkan kompressor pada tahap sebelumnya. Sehingga mesin bisa terus berjalan. Dengan kata lain turbin ini menyuplai energi putar untuk kompressor.

  • Penyemburan

Setelah udara melewati turbin, energi dari udara panas itu masih masih cukup tinggi. Tekanan suhu tinggi tersebut dikonversikan menjadi daya dorong oleh nozzle. Nozzle mengatur keluarnya daya dorong yang dihasilkan sehingga mampu menggerakkan pesawat dalam kecepatan yang tinggi.

Peranan Mesin Pesawat Agar Pesawat dapat Melayang

Kemungkinan ada diantara Anda masih bingung, bagaimana mesin pesawat membuat pesawat bisa terangkat. Sebenarnya yang membuat pesawat bisa melayang di udara bukan hanya faktor mesinnya saja, namun juga ada peranan fungsi dari sayap.

Pada saat take off, mesin pesawat hanya menyediakan kecepatan yang dibutuhkan, sehingga sayap bisa memainkan peranannya memberikan daya angkat terhadap pesawat.

Jadi kombinasi antara peran mesin pesawat dengan desain sayap pesawat yang menghasilkan daya angkat.

Itulah cara kerja mesin pesawat terbang yang sebenarnya sangat sederhana. Mesin pesawat sangat dibutuhkan untuk memberikan daya dorong agar memungkinkan pesawat mendapatkan daya angkat dari fungsi sayap. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...