Cara Membersihkan Door Trim Mobil yang Mudah dan Aman, Wajib Tahu!

Cara Membersihkan Door Trim Mobil
Ilustrasi Cara Membersihkan Door Trim Mobil. Foto: Istimewa

Cara membersihkan door trim mobil yang dilakukan dengan benar dan rutin bisa meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Hanya saja, tak semua pemilik mobil mengetahuinya.

Jika anda juga demikian, ada baiknya anda menyimak ulasan yang kami bagikan di bawah ini sampai selesai. Dengan menerapkannya, dijamin anda betah berlama-lama di dalam mobil saat menempuh perjalanan yang jauh.

Cara Membersihkan Door Trim Mobil

Membersihkan door trim mobil tak sulit seperti yang anda bayangkan. Dengan langkah yang mudah, anda bisa dapatkan manfaat yang luar biasa darinya.

Perhatikan Bahan

Saat anda hendak membersihkan door trim, anda harus memperhatikan bahannya. Sebagaimana yang kita tahu, door trim hadir dengan beragam jenis bahan pembuatan, salah satunya lapisan kulit.

Bahan yang satu ini termasuk mudah dibersihkan. Perihal cara membersihkan door trim mobil berbahan kulit, anda hanya perlu menggunakan kain katun, lap microfiber, dan cairan pembersih kulit.

Berita Terkait: Cara Merawat Transmisi Mobil Matic Agar Awet, Tidak Sulit!

Namun anda jangan sembarangan dalam memilih cairan pembersih kulit. Akan lebih baik jika anda memilih cairan pembersih kulit yang di dalamnya terdapat kandungan proteksi dari sinar UV.

Mengenai bagaimana caranya, anda tinggal berikan cairan ke lap microfiber. Setelah itu, gunakan untuk membersihkan door trim dengan gerakan memutar.

Jika nodanya membandel, anda bisa mengulangi cara ini hingga beberapa kali sampai menghilang. Kemudian biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan kain katun yang bersih.

Selain bahan kulit, door trim juga biasa dibuat dengan memanfaatkan material kain. Untuk bahan yang satu ini, anda harus ekstra hati-hati dalam membersihkannya.

Pasalnya, kesalahan dalam cara membersihkan door trim mobil berbahan kain justru akan membuat tampilannya menjadi semakin kotor dan bahkan bisa rusak.

Ketika membersihkannya pun, anda hanya perlu menyikatnya secara perlahan tanpa air. Lakukan secara searah. Dijamin debu hilang secara menyeluruh.

Sementara untuk noda yang membandel, anda perlu memanfaatkan cairan interior cleaner untuk menghilangkannya secara tuntas.

Disamping material kulit dan kain, door trim juga dihadirkan dengan bahan plastik. Door trim bahan plastik bisa dibersihkan dengan sikat, cairan pembersih, dan lap chamois. Bersihkan door trim berbahan ini dengan menyikatnya secara perlahan dan hati-hati.

Menggunakan Vacuum Cleaner

Cara membersihkan door trim mobil akan memberikan hasil yang optimal apabila menggunakan vacuum cleaner. Penggunaan alat ini bisa diterapkan untuk semua jenis material door trim.

Membersihkan kotoran dengan vacuum cleaner ini bertujuan untuk memeriksa kondisinya. Setelah kotoran hilang, anda bisa tahu apakah ada pengancing yang kendur ataupun masalah lainnya.

Berita Terkait: Menghilangkan Bau Apek pada Mobil, Begini Caranya!

Perlu untuk anda ketahui, penggunaan vacum cleaner ini bukan hanya berguna untuk membersihkan kotoran saja, akan tetapi juga mengeringkannya ketika musim hujan.

Sebagaimana yang kita tahu, bagian panel pintu akan lebih mudah lembab saat musim hujan. Bahkan penggunaan vacuum cleaner lebih disarankan daripada hair dryer.

Anda harus tahu bahwa hair dryer memang bisa mengeringkan, akan tetapi penggunaannya juga bisa menyebabkan kontur material door trim jadi rusak.

Membersihkan Tombol

Sebagaimana yang kita tahu, di bagian door trim ada banyak tombol dengan fungsi masing-masing. Bagian yang satu ini juga tak kalah penting untuk dibersihkan.

Terkait cara membersihkan door trim mobil, anda bisa menggunakan lap yang bersih dan lembut. Namun anda harus pastikan bahwa lap yang anda gunakan tak terlalu basah.

Pasalnya, air yang ada di lap bisa masuk ke sela-sela tombol. Jika sudah begini, maka resiko korsleting bisa semakin tinggi. Maka dari itu, pastikan anda jangan terlalu membasahi lapnya.

Berita Terkait: Cara Cek Karet Wiper Mobil, Sudah Saatnya Ganti atau Belum

Saat membersihkannya pun, anda harus memastikan bahwa tak ada sisa-sisa air yang tertinggal. Hal ini dikarenakan sisa air tersebut bisa berbekas sehingga merusak tampilan.

Adanya bercak-bercak bekas air pasti membuat anda kurang percaya diri saat mengendarai mobil. Oleh karena itu, anda bisa mengakhiri pembersihannya dengan memanfaatkan kain yang lembut dan kering.

Dengan anda menerapkan beberapa langkah pembersihan door trim mobil di atas, tentu saja tampilan mobil akan terlalu selalu berkelas.

Secara keseluruhan, cara membersihkan door trim mobil terbilang mudah dilakukan. Maka dari itu, anda tak perlu ragu untuk mencobanya. (R10/HR-Online)

Loading...