Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Tanpa Ribet

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp
Dark Mode di WhatsApp. Foto: Net/Ist

Cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp mulai dilakukan banyak orang. Cara WhatsApp untuk dark mode atau mode gelap mulai dikembangkan di Google Play Beta Program.

WhatsApp selalu memberikan kenyamanan bagi para pengguna dengan cara melakukan banyak improvisasi. Mode gelap kini sudah bisa anda dapatkan.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Android dan iOS

Fitur mode gelap kini mulai menjadi trend bagi kalangan pengguna smartphone. Banyak pengguna yang penasaran dengan mode gelap tersebut.

Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk menampilkan tampilan smartphone dengan support dark mode dan penggunaan aplikasi hits yang menerapkan fitur tersebut.

Dark mode kini menjadi perbincangan yang cukup hangat. Mode tersebut memberikan penawaran saat mengimplementasikannya dalam sistem maupun aplikasi.

Semua tampilan dapat berubah menjadi gelap saat mengaktifkan mode tersebut. Penggunaan perangkat akan lebih nyaman meskipun dipakai saat malam hari atau dalam kondisi pencahayaan yang kurang.

Penggunaan mode gelap juga dapat menghemat daya. Tampilan layar dengan warna hitam akan membutuhkan daya yang lebih sedikit apabila dibandingkan dengan warna putih.

Kini banyak pengembang yang mulai memunculkan mode tersebut, termasuk WhatsApp di aplikasinya. Mode dapat hadir dalam sistem operasi iOS maupun Android, cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp juga gampang.

Android

Anda perlu memasang Android Q meskipun sudah dapat menggunakan WhatsApp mode gelap. Karena untuk saat ini masih menggunakan versi Beta untuk dapat mengaktifkannya.

Cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp dapat dilakukan secara mudah. Pertama, bukalah Settings, kemudian masuklah ke bagian Display yang terdapat pada pengaturan Android Q.

Kemudian klik Select Theme, lalu anda dapat memilih opsi Dark. Buka pengaturan Developer options apabila dark mode telah aktif dalam level sistem.

Apabila pengaturan belum muncul juga, anda dapat mengaktifkannya dengan cara membuka Settings dan klik About Phone. Tekanlah beberapa kali Build Number hingga muncul pesan Developer option is turned on.

Carilah dan aktifkan opsi Override force-dark apabila anda sudah masuk halaman pengaturan Developer options.

Aplikasi pendukung mode gelap secara otomatis sudah dapat anda gunakan bila opsi tersebut telah diaktifkan. Cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp Android sangat sederhana.

iOS

WhatsApp dark mode juga dapat digunakan pada sistem operasi mulai dari iOS 11 atau lebih. Caranya cukup mudah, anda tinggal mengaktifkan fitur Smart Invert.

Fitur tersebut merupakan fitur khusus yang dapat dipakai untuk membalikkan warna layar pada perangkat iOS. Langkah pertama, masuklah ke menu Settings. Jika sudah, maka pilihlah Accessibility.

Kemudian cari dan pilih opsi Display Accommodations, lalu klik Invert Colors. Selanjutnya anda dapat mengaktifkan Smart Invert.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan fitur lain seperti fitur dark mode iOS 13. Namun, iOS 13 untuk saat ini masih dalam tahap beta.

Anda bisa melakukan pengaktifan dengan cara membuka Settings. Kemudian masuk pada bagian Display & Brightness. Langkah selanjutnya adalah pilih opsi Dark yang terdapat di bagian Appearance.

Perlu menjadi catatan, sebaiknya anda memakai wallpaper WhatsApp yang mempunyai warna lebih gelap. Hal tersebut dapat memberikan pengalaman WhatsApp dark mode yang lebih utuh.

Keuntungan Memakai Dark Mode di WhatsApp

Menggunakan mode gelap ternyata dapat memberikan banyak keuntungan bagi para pengguna. Cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp pun dapat dilakukan oleh siapapun.

Pertama, baterai akan lebih hemat. Jika menggunakan mode terang, maka penggunaan baterai akan enam kali lebih cepat habis bila dibandingkan dengan dark mode.

Hal ini dikarenakan smartphone akan lebih panas, memperlihatkan kontras cahaya yang dihasilkan.

Mode gelap juga dapat mengurangi kelelahan pada mata yang diakibatkan karena melihat layar secara terus menerus. Mata tidak akan bekerja lebih keras apabila cahaya tidak terlalu banyak.

Kontras layar smartphone juga akan lebih baik bila mode ini diaktifkan. Cahaya yang dikeluarkan lebih sedikit, saat berada di tempat yang cukup gelap juga tidak akan terlalu terang.

Manfaat dari penggunaan mode gelap yang lainnya adalah dapat mengurangi cahaya biru yang keluar dari smartphone. Cahaya tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker.

Kemampuan membaca dengan lebih jelas juga akan dirasakan bila mode gelap diterapkan. Hal ini karena mata akan lebih fokus di layar dengan cahaya yang berkurang.

Tampilan media sosial dan background dapat berubah menjadi hitam dan lebih stylish. Cara mengaktifkan dark mode di WhatsApp terbilang sangat mudah dan tidak ribet. (R10/HR-Online)

Loading...