Mengusir Cicak dari Rumah, Ampuh Pakai Bahan Alami Ini!

Mengusir Cicak dari Rumah
Cicak di dalam rumah memang menjengkelkan sehingga perlu ada cara mengusir cicak. Foto: Ist/Net

Cara mengusir cicak dari rumah bisa dilakukan dengan memakai bahan-bahan alami yang gampang didapatkan.

Selain kecoa, cicak termasuk salah satu hewan yang menjengkelkan. Apalagi saat menemukan kotorannya berserakan. Bahkan kejatuhan kotoran cicak dianggap sebagai tanda sial.

Baca Juga: Cara Mengusir Kecoa dan Mencegahnya Kembali ke Rumah

Cicak juga disebut mengandung kuman bakteri yang berbahaya untuk kesehatan, terutama dari liur dan kulitnya. Maka tak heran jika banyak orang mencari cara untuk membasmi cicak dari dalam rumah.

Cara Mengusir Cicak dari Rumah Pakai Bahan Alami

Selain memakai bahan-bahan kimiawi, Anda bisa juga menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Tak perlu mengeluarkan biaya mahal, cukup gunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

Bumbu Dapur

Bumbu yang ada di dapur bisa jadi bahan untuk mengusir cicak. Ambil bawang merah, bawang putih, dan merica, lalu blender hingga halus. Tambahkan air lalu masukkan ke dalam botol yang ada semprotannya. Cairan pembasmi cicak pun siap digunakan.

Aroma ketiga bahan tersebut sangat menyengat dan dibenci oleh cicak. Tinggal semprotkan cairan tersebut ke tempat yang biasa dilewati cicak.

Cangkang Telur

Cangkang telur bisa bermanfaat untuk mengusir cicak. Caranya hancurkan cangkang telur terlebih dahulu, lalu taruh di dalam kantong plastik. Beri lubang kecil, tujuannya agar aroma amis bisa keluar dan tercium oleh cicak.

Anda tinggal menggantungkannya di jendela atau ventilasi tempat cicak masuk. Aroma amis dari cangkang telur sangat dibenci oleh cicak.

Bubuk Kopi

Kopi bisa jadi pembasmi cicak. Bau khas kopi tidak disukai oleh cicak. Karena itu untuk mengusir cicak dari rumah, cukup tebarkan bubuk kopi di sudut-sudut rumah.

Biarkan aromanya menyebar ke dalam ruangan. Lakukan cara ini dengan rutin, agar benar-benar ampuh dan cicak ogah kembali ke rumah Anda.

Tembakau

Anda juga bisa menggunakan tembakau untuk membasmi cicak. Seperti halnya kopi yang aromanya dibenci cicak, bau tembakau pun sangat tidak disukai oleh cicak.

Anda tinggal memasukkan tembakau dalam plastrik, lalu ikat dengan kencang. Jangan lupa beri lubang kecil tempat aromanya keluar.

Anda pun bisa memanfaatkan minyak essensial beraroma tembakau untuk mengusir cicak dari rumah. Lap meja dan peralatan rumah lainnya dengan menggunakan minyak beraroma tembakau tersebut.

Cara ini cukup ampuh untuk mengusir nyamuk. Bahkan bisa juga diterapkan untuk mengusir semut sekaligus.

Larutan Air Sabun

Larutan air sabun bisa disemprotkan langsung pada cicak untuk mengusirnya dari rumah. Anda bisa melarutkan sabun atau deterjen dalam air. Selanjutnya masukkan ke dalam botol semprot.

Saat ada cicak yang cukup dekat dan bisa dijangkau, segera semprotkan cairan tersebut. Biasanya cicak akan lari atau tak sadarkan diri.

Itulah bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengusir cicak dari rumah. Dengan bahan-bahan alami tersebut, Anda tidak perlu membeli racun yang bisa saja membahayakan.

Mencegah Cicak Kembali ke Rumah

Selain cara mengusir cicak, Anda juga perlu tahu bagaimana mencegah cicak masuk ke dalam rumah. Berikut penjelasannya:

Bersihkan rumah dari Nyamuk dan Serangga

Nyamuk dan serangga merupakan makanan cicak, untuk mencegah cicak masuk ke dalam rumah, Anda terlebih dahulu harus membasmi nyamuk dan serangga tersebut. Jika tidak ada bahan makanan, otomatis cicak ogah masuk ke rumah Anda.

Selalu Bersihkan Kolong Meja

Cara mengusir cicak dari rumah salah satunya dengan membersihkan tempat-tempat yang disenangi cicak, termasuk celah-celah kecilnya.

Kolong meja, kursi, dan tempat tidur merupakan tempat favorit cicak. Begitupun dengan area sempit yang tidak terjangkau, biasanya tempat tersebut kotor dan jadi sarang nyamuk. Tak heran jika cicak menyenangi tempat-tempat tersebut.

Karena itu, untuk mencegah cicak betah di rumah Anda, bersihkan secara rutin kolong-kolong meja, kursi, tempat tidur dan area sempit lainnya.

Memelihara Kucing

Tahukah Anda kalau kucing merupakan hewan yang ditakuti oleh cicak? Memelihara kucing bisa jadi solusi unuk mengusir cicak dari rumah.

Umumnya kucing menyenangi hewan-hewan kecil yang senang bergerak, termasuk cicak dan kecoa. Karena itu, keberadaan kucing di dalam rumah bisa membantu mengusir cicak. Apalagi kucing juga kerap memakan cicak saat kelaparan.

Tutup Jalan Cicak Masuk Rumah

Anda perlu menutup jalan masuk cicak. Pasang saja kawat nyamuk pada ventilasi rumah. Anda juga bisa memakai double tip di celah-celah kecil, misalnya celah pada pintu. Pemasangan double tip ini untuk mencegah cicak masuk ke dalam rumah.

Tutupi Makanan

Jangan biarkan makanan terbuka tanpa tutup. Hal ini bisa mengundang cicak datang. Anda bisa menyimpannya di kulkas untuk mencegah makanan terkontaminasi oleh kotoran cicak.

Itulah cara mengusir cicak dari rumah dan cara mencegahnya masuk kembali ke rumah. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...