Cara Praktis Turunkan Berat Badan, Mudah dan Sehat

Cara praktis turunkan berat badan yang dapat kamu lakukan dengan mudah.
Cara praktis turunkan berat badan yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Photo: Ilustrasi.

Cara praktis turunkan berat badan yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Cara praktis turunkan berat badan bisa dimulai dengan menerapkan gaya hidup sehat setiap harinya.

Memang banyak cara yang bisa dilakukan agar berat badan turun. Namun, ada baiknya kamu ketahui dulu bahwa kebutuhan kalori ideal setiap orang maksimalnya 2.000 kkl per hari.

Jika kelebihan, kalori akan disimpan jadi lemak yang memicu terjadinya obesitas dan penyakit. Jadi, tidak ada salahnya untuk mengurangi 100 kalori setiap hari dengan cara praktis turunkan berat badan.

Latihan Fisik untuk Bakar Kelebihan Kalori

Mengurangi kalori sebetulnya bukan hal sulit, tapi ada saja alasan seseorang yang sulit menurunkan berat badan berlebih.

Alasan yang paling umum biasanya karena tidak ada waktu cukup untuk melakukan olahraga atau pergi ke gym. Padahal, melakukan latihan fisik menjadi cara paling mudah mengurangi berat badan.

Karena selain diet atau konsumsi makanan sehat saja tidak cukup, perlu diimbangi pula dengan olahraga. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (02/01/2020), berikut ini beberapa cara sederhana mengurangi kelebihan berat badan.

9 Cara Praktis Turunkan Berat Badan

Lakukan Olahraga Favoritmu

Biasanya kita akan mudah melakukan apa yang kita sukai. Begitu juga dengan olahraga, misalnya bersepeda, tenis, bola voli, atau bulu tangkis.

Jika dilakukannya secara intens maka olahraga favoritmu itu bisa dijadikan sebagai latihan kardio yang dapat membakar banyak kalori.

Dengan rutin melakukan olahraga yang menjadi favorit kamu cukup beberapa menit saja tentu bisa membakar 100 kalori secara mudah.  

Zumba atau Menari

Zumba atau menari adalah cara praktis turunkan berat badan yang mudah dan menyenangkan. Lakukan 15 sampai 20 menit saja, tarian dengan intensitas tinggi itu dapat memicu metabolisme serta membakar kalori.

Supaya lebih bersemangat untuk membakar kalori, kamu bisa bergabung dengan kelas menari zumba.  

Lompat Tali

Membakar kalori untuk menurunkan berat badan yang sangat mudah dan murah adalah dengan cara latihan melompat tali atau skipping.

Kamu hanya butuh tali dan ruangan terbuka, kemudian lakukan latihan melombat tali sekitar 10 menit saja untuk membuang kalori ekstra agar berat badanmu turun.

Naik Tangga

Cara praktis turunkan berat badan berikutnya adalah naik tangga. Cara ini paling mudah dilakukan untuk membakar kalori. Kamu cukup melakukannya 15 menit saja untuk menghilangkan 100 kalori.

Jaga Pola Tidur dan Hindari Stres

Selain melakukan latihan fisik dengan menggerakan badan, untuk membantu menurunkan berat badan juga harus ditunjang dengan menerapkan pola hidup sehat lainnya.

Menjaga pola tidur dan menghindari stres adalah salah satu cara turunkan berat badan yang paling praktis.

Sebab, jika kamu kurang tidur, maka hormon leptin yang merangsang rasa lapar serta hormon ghrelin akan terganggu, dan produksi hormon kortisol akan meningkat jika kamu tengah merasa stres.

Sering Minum Air Putih

Lebih sering minum air putih sebelum makan adalah salah satu cara praktis turunkan berat badan tanpa olahraga. Hal ini bisa membuat kamu memakan sedikit kaori.

Selain itu, dehidrasi juga bisa memicu lasa lapar. Ketika dehidrasi, otak menjadi kebingungan untuk menangkap sinyal tubuh yang diterjemahkan sebagai tanda rasa lapar.

Minum sekitar 0,5 liter air putih setengah jam sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar. Dalam sebuah penelitian, partisipan yang melakukan cara seperti ini mampu menurunkan berat badannya 44 persen selama 12 minggu, dibandingkan dengan yang melakukannya.

Kunyah Makanan Pelan-pelan

Turunkan berat badan bisa dengan cara mengunyah makanan secara perlahan-lahan sambil menikmati rasa makanan tersebut, kemudian menelannya bisa membuat kita sadar kalau kita sedang makan.

Karena mungkin saja saat kamu sedang makan tapi otak masih memikirkan pekerjaan, tuga sekolah, atau hal-hal lainnya.

Sementara, untuk memproses apa yang kita lakukan itu otak membutuhkan waktu. Begitu pula saat makan, otak memproses untuk memberikan sinyal kalau kita sudah cukup kenyang dan harus berhenti makan.  

Manfaat Makan Santai

Mengunyah makanan secara perlahan-lahan bisa meningkatkan rasa kenyang, dan makanan dapat dicerna secara baik oleh enzim yang ada di mulut, sehingga kalori yang masuk jadi lebih sedikit.

Berdasarkan ulasan dari hasil 23 observasi penelitian menemukan bahwa mereka yang makannya cepat, berat badannya lebih gampang naik dibandingkan dengan mereka yang makannya santai.

Gunakan Piring Kecil

Cara praktis turunkan berat badan berikutnya adalah makan menggunakan piring atau wadah yang berukuran kecil bisa membuat makanan tampak lebih besar.

Dengan cara seperti ini maka porsi makan kamu pun akan lebih terukur, dan ini bisa berdampak pada bobot berat badanmu.

Mengajak Jalan Hewan Peliharaan

Dalam sejumlah penelitian menyebutkan, pemilik hewan peliharaan, terutama kucing atau anjing, mereka lebih sehat karena sering mengajak jalan-jalan hewan peliharaannya.

Jika kamu berjalan sejauh 4 mil per jam, itu berarti kamu sudah membakar 100 kalori dalam waktu hanya 18 menit saja. (Eva/R3/HR-Online)