Cara Upgrade Windows 7 ke 10 Mudah dan Gratis

ara Upgrade Windows 7 ke 10
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Cara upgrade Windows 7 ke 10 terbilang cukup mudah. Hanya saja, diperlukan koneksi internet serta kode lisensi Genuine dari OS Windows sebelumnya.

Microsoft secara resmi telah menghentikan OS Windows 7 pada pertengahan Januari 2020. Sejak 2009, sistem operasi ini telah dirilis dan sebenarnya sampai sekarang pun masih dapat dipakai.

Namun, update dari Windows 7 tidak lagi diberikan oleh perusahaan rintisan Bill Gates tersebut. Seperti pembaruan pada peningkatan OS, pembaruan keamanan dan lain sebagainya.

Cara Upgrade Windows 7 ke 10 dengan Mudah

Microsoft mulai akan menghentikan bantuan dan support untuk Windows 7. Dengan demikian, komputer ataupun laptop yang masih memakai Windows 7 lebih rentang terserang malware atau virus.

Agar PC dan laptop Windows 7 tetap aman tanpa bantuan dari sistem operasi, maka sebaiknya diupgrade ke Windows 10. Cara upgrade Windows 7 ke 10 merupakan langkah yang tepat untuk membuat laptop tetap aman.

Microsoft 10 pada 2015 masih menawarkan upgrade gratis. Namun Windows 10 Home jika akan mendownloadnya harus mengeluarkan biaya kurang lebih 139 US Dollar.

PC atau laptop harus mempunyai minimal RAM 1 GB versi 32 bit atau RAM 2 GB untuk versi 64 bit agar bisa di upgrade ke Windows 10. Selain itu, harus ada dukungan API Direct X9 atau lebih tinggi lagi pada kartu grafisnya.

Ruang penyimpanan pada laptop pun harus mencukupi, minimal 16 GB versi 32 bit dan 20 GB versi 64 bit.

Langkah-langkah upgrade laptop atau PC dari Windows 7 ke Windows 10 dengan cara masuk ke situs download Windows terlebih dahulu.

Kemudian pilih Create Windows 10 Instalation Media dan klik Download Tool Now dan Run. Jika sudah, maka pilihlah Upgrade this PC now apabila perangkat yang akan diupgrade adalah perangkat yang mendownload Windows 10.

Namun, jika memakai perangkat lain, maka pilihlah Create installation media for another PC, kemudian simpan file instalasi tersebut.

Ikutilah petunjuk selanjutnya. Jika proses upgrade sudah selesai, lalu buat Settings Update & Security, kemudian klik Activation. Selanjutnya layar laptop akan menunjukkan lisensi digital untuk Windows 10.

Cara Upgrade Windows 7 ke 10 Tanpa Kehilangan Data

Saat akan meningkatkan Windows, kebanyakan orang merasa khawatir kehilangan data. Namun, ada cara upgrade Windows tanpa kehilangan data.

Jika anda menginginkan untuk meningkatkan Windows, sebaiknya mempelajari beberapa referensi untuk menginstal Windows 10.

Selanjutnya periksalah beberapa syarat yang harus dimiliki oleh perangkat keras minimum sebelum mencoba cara upgrade Windows 7 ke 10.

Misalnya saja, harus mempunyai prosesor 1 GHz, perhatikan RAM, ruang hard disk dan kartu grafisnya. Pada tampilan juga harus memenuhi kriteria yakni 800 x 600.

Sebaiknya mencari informasi tambahan mengenai driver yang akan diperbarui dan kompatibilitas pada perangkat keras dengan cara mengunjungi situs web produsen PC.

Jika akan meningkatkan ke Windows 10 tanpa kehilangan data, caranya dengan menginstall alat pembuatan media dari Microsoft. Kemudian tekan tombol Unduh alat dan simpanlah di PC anda.

Pada MediaCreationTool.exe, klik kanan dan pilihlah Jalankan sebagai administrator. Pilih Terima pada halaman Ketentuan Lisensi.

Bila sudah sampai pada bagian Apa yang ingin anda lakukan?, maka pilihlah Tingkatkan PC, selanjutnya pilih Berikutnya.

Jika sudah mengunduh dan menginstal, maka alat ini akan memberi petunjuk mengenai cara pengaturan pada Windows 10.

Masukkan kunci produk dari Windows 10 anda jika PC memintanya. Simpanlah file pribadi dan aplikasi yang telah dipilih secara default. Opsi tersebut harus anda ubah dengan cara menekan Ubah apa yang harus anda simpan.

Simpanlah dan tutup semua aplikasi serta file yang sedang terbuka ketika anda menjalankannya. Pilih install dan tunggulah sampai proses selesai.

Secara otomatis PC akan melakukan restart sendiri untuk beberapa kali. Saat hal itu terjadi, anda tidak boleh mematikan PC. Mudah bukan cara upgrade Windows 7 ke 10 tanpa kehilangan file?

Baca juga: Pengguna Windows 7 Diingatkan Segera Beralih ke Versi Terbaru atau Terancam Virus

Alasan Upgrade Windows 7 ke 10

Windows 10 merupakan salah satu upaya optimal yang dilakukan oleh Microsoft. Windows 10 mempunyai beberapa keunggulan, antara lain saat startup lebih cepat dan menu Start lebih meningkat dengan menggunakan pelengkap dengan basis ubin.

Selain itu juga lebih meningkat dalam hal kecepatan dan kompatibilitas. Jika anda telah menyimak artikel dari kami, maka cara upgrade Windows 7 ke 10 akan lebih mudah. Namun, bila tidak ingin kehilangan data, maka harus mencadangkan file terlebih dahulu.

Loading...