Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir, Jangan Asal Beli!

Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir
Ilustrasi Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir. Foto: Istimewa

Ciri mobil yang pernah terendam banjir wajib anda ketahui saat tengah berencana ingin membeli mobil bekas. Jangan sampai anda merasa dirugikan karena kurang cermat dalam mengenali kondisi mobil. Jika salah memilih tentunya fatal.

Perlu untuk anda ketahui bahwa mobil yang pernah terendam banjir tentu mengalami penurunan kualitas, baik itu dari segi performa maupun tampilan.

Ciri Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Apabila anda tak ingin merasa kecewa, pastikan anda tahu apa saja ciri-cirinya dengan menyimak ulasan berikut.

Karet Baru Saja Dilepas

Salah satu tanda mobil pernah kena banjir yaitu karet-karetnya baru saja dilepas. Karet ini bisa anda temukan di bagian kolong dan bawah pintu.

Kemungkinan karet yang baru-baru ini dilepas dikarenakan untuk mengalirkan air banjir. Selain itu, bisa juga karena selesai membersihkannya dari banjir.

Bau Tak Sedap pada Interior

Selain mencermati bagian karetnya, ciri mobil yang pernah terendam banjir juga bisa dikenali dari interiornya. Sebelum membeli, anda periksa bagian dalam interior mobil.

Jika anda mencium bau tak sedap, kemungkinan mobilnya pernah terendam banjir. Bau tak sedap ini berasal dari air banjir yang belum kering sepenuhnya.

Selain itu, bau juga bisa muncul karena di dalam mobil terdapat endapan lumpur atau kotoran yang terkesan tak wajar. Untuk memastikannya, pastikan anda teliti dalam mengecek sudut mobil dan sela interior.

Elektronik Rusak

Bukan rahasia lagi, elektronik mobil pasti rusak apabila terkena air, terlebih banjir. Untuk itu, anda perlu mencermati AC, audio, lampu, wiper, dan perangkat elektronik mobil lainnya.

Selain itu, periksa juga lampu indikator EPS (Electric Power Steering) yang terletak di dashboard. Jika perangkat elektronik tersebut tak berfungsi, ada baiknya anda tak jadi membelinya.

Reflektor Lampu Berkabut

Reflektor lampu berkabut adalah salah satu ciri mobil yang pernah terendam banjir yang harus anda kenali. Perlu untuk diketahui, jika hanya karena kehujanan, reflektor lampu berkabut ini bisa hilang dengan sendirinya.

Berbeda jika habis terendam banjir, reflektor lampu berkabut akan sulit dihilangkan. Apalagi jika terdapat serpihan pada reflektor lampu ini.

Muncul Karat

Sebelum membeli mobil, anda memang harus mengeceknya secara keseluruhan. Jika anda menemukan ada beberapa bagian mobil yang berkarat, ada baiknya anda tak membelinya.

Pasalnya, bagian mobil yang berkarat bisa jadi karena habis terendam banjir. Hal itu seringkali muncul di bagian lantai bawah karpet, sela kaki-kaki, dan kolong mobil.

Mobil yang berkarat tentu saja sangat berbahaya jika digunakan. Ciri mobil yang pernah terendam banjir ini akan mudah rapuh dan mengalami kerusakan. Anda pun akan sangat dirugikan karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk service nantinya.

Mesin Rusak

Mobil yang pernah terendam banjir bisa dikenali dari sektor mesinnya. Dalam hal ini, anda bisa perhatikan suara mesinnya secara perlahan.

Suara mesin yang belum sempat diperbaiki karena terendam banjir akan berbunyi lebih keras dan kasar dari biasanya. Selain suara mesin, perhatikan juga warna olinya.

Oli di dalam mesin yang tercampur dengan air banjir seringkali berwarna coklat keputihan. Jika sudah begini, performa mobil sudah pasti tak akan handal.

Tips Membeli Mobil Bekas

Dengan meninjau beberapa ciri di atas, anda tentu bisa lebih cermat dalam memilih mobil bekas. Jangan sampai anda dirugikan karena tak tahu bahwa mobil yang anda beli ternyata habis terendam banjir.

Selain mengetahui ciri mobil yang pernah terendam banjir, anda juga perlu memahami tips membeli mobil bekas agar lebih puas nantinya.

Adapun salah satu tipsnya yaitu mengajak teman atau ahli yang handal di bidang mekanik mobil. Anda bisa meminta bantuan ahli untuk memeriksa mobil bekas yang hendak anda beli.

Ahli mekanik pasti tahu kondisi mobil dengan baik sehingga akan memberikan pendapat kedua yang memudahkan anda dalam menentukan pilihan. Lanjut membeli atau tidak.

Tips yang satu ini tak boleh anda sepelekan. Seperti yang kita tahu, kondisi mobil bekas sudah pasti berbeda dengan mobil baru.

Dengan memperhatikan ciri mobil yang pernah terendam banjir dan tips ini, anda bisa dapatkan mobil bekas yang kualitasnya masih bagus. (R10/HR-Online)