Desain Dapur Luar Rumah Sederhana di Halaman Belakang

Desain Dapur Luar Rumah
Desain Dapur Luar Rumah. Foto: Istimewa

Desain dapur luar rumah memberikan sensasi yang berbeda. Kegiatan memasak akan lebih menyenangkan dengan konsep dapur yang menyatu dengan alam.

Selain untuk memasak, dapur juga banyak yang difungsikan sebagai tempat berkumpul. Dapur  kadang disatukan dengan ruang makan.

Dapur merupakan salah satu ruangan penting yang ada di dalam sebuah rumah. Tanpa adanya dapur rasanya ada yang kurang atau tidak lengkap.

Desain Dapur Luar Rumah di Halaman Belakang

Mempunyai hunian merupakan impian setiap orang. Rumah yang sederhana, tidak harus megah dan luas akan membuat nyaman saat ditempati.

Fungsi utama dari rumah sebagai tempat tinggal untuk berlindung dan berkumpul bersama keluarga. Setiap ruangan yang ada di rumah sudah mempunyai fungsi masing-masing.

Berita Terkait: Desain Rumah Mezzanine, Solusi Memperluas Rumah Minimalis

Dapur merupakan salah satu bagian dari ruangan dalam rumah yang sering mendapatkan banyak perhatian. Desain dapur luar rumah kini lebih dipilih karena alasan berbagai hal.

Misalnya saja, karena menginginkan dapur dengan ruang terbuka dan rumah yang berukuran minimalis. Sehingga konsep dapur di luar ini sangat cocok untuk dipakai.

Pada umumnya, desain dapur terbuka tidak memiliki sekat. Jika anda menginginkan desain dapur terbuka di halaman belakang secara permanen, simak beberapa ulasan dari kami berikut ini.

1. Dapur Luar Rumah Gaya Modern Minimalis

Dapur pada ruangan terbuka di halaman belakang rumah dapat dibuat dengan gaya modern minimalis. Tema yang digunakan bisa berbentuk monokrom, pembatasnya dapat berupa pintu dari bahan kaca.

Jika anda akan mengadakan acara pesta BBQ, maka cukup dengan membuka pintu kaca tersebut. Para tamu akan dimanjakan dengan pemandangan taman saat menikmati perjamuan.

2. Dapur Luar Rumah Ala Kedai

Konsep desain dapur luar rumah ala kedai pada bagian utama dapurnya berada di dalam rumah. Akan tetapi, desain jendela sangat besar sehingga dengan leluasa akan menghubungkan keberadaan meja yang berada di luar ruangan.

Anggota keluarga dapat berkumpul dan menikmati makanan sambil menghirup udara sejuk di taman belakang rumah. Desain dapur ala kedai ini tidak membutuhkan ruangan yang luas, sehingga lebih efisien.

Meja besar di luar jendela dilengkapi dengan kursi yang tertata rapi. Area berkumpul keluarga ini sangat efektif.

3. Dapur Luar Rumah Ala Mediterania

Desain dapur luar rumah berikutnya adalah ala mediterania. Anda dapat mempercantik dinding dengan backplash dari batu alam yang sebelumnya telah di-coating.

Jika menginginkan dapur tampak modern, maka dapat mendesain kitchen island dengan warna hitam. Cooker hood juga dapat dimanfaatkan untuk menghindari asap saat memasak.

4. Dapur Luar Rumah di Sepanjang Lorong

Dapur dengan tema outdoor dapat dibuat di sepanjang lorong samping rumah sampai ke halaman belakang. Dinding luar rumah bisa jadi alternatif tempat bersandar dapur.

Furniture dengan permukaan mengkilap seperti stainless dapat menjadikan tampilan dan desain dapur luar rumah lebih modern. Selain itu, anda juga dapat mengkombinasikan warna hitam atau putih.

Pada sudut lorong, tempatkan meja makan. Kemudian kitchen island dilengkapi dengan tempat cuci piring dan alat pemanggang.

5. Dapur Luar Rumah Ala Pedesaan

Dapur outdoor ala pedesaan ini wajib anda coba. Apalagi jika anda sangat menyukai acara bakar-bakar dengan menggunakan bahan kayu bakar.

Banyak orang yang beranggapan bahwa memasak dengan menggunakan kayu akan mempunyai cita rasa yang lebih kuat.

Berita Terkait: Desain Ruang Makan Terbuka, Modern dan Nyaman

Material untuk bangunan desain dapur luar rumah ini bisa dengan menggunakan kayu. Alat pemanggang juga dapat memakai tungku bahan bakar kayu.

Lengkapi furniture dengan bahan kayu agar nuansa semakin tradisional berada di daerah pedesaan.

Keuntungan Desain Dapur Luar Rumah

Mempunyai dapur terbuka atau di luar rumah ternyata mempunyai banyak keuntungan. Bau masakan tidak akan terperangkap dalam ruangan dapur saja jika mempunyai ruang yang terbuka.

Disamping itu, desain dapur yang terbuka juga akan menambah konsentrasi saat memasak. Hal ini dikarenakan kebisingan seperti percakapan, suara TV dan musik akan lebih diminimalisir dengan keberadaan dapur di halaman belakang.

Pencahayaan dapur juga akan lebih maksimal jika berada di luar ruangan. Cahaya alami akan lebih banyak masuk ke area dapur dan akan memberikan efek dapur yang lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Mood memasak juga akan lebih meningkat dengan kesejukan taman di sekitar. Dekorasi  pun lebih mudah untuk diganti jika mempunyai desain dapur luar rumah. (R10/HR-Online)

Loading...